oleh

Sulawesi Tenggara (Moramo) Di Guncang Gempa

Faktual. Net, Kendari. Sulawesi Tenggara diguncang gempa pada Jumat, 29/6/2018, gempa bumi tektonik terjadi di Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan.

Hasil analisa BMKG menunjukan bahwa gempa tersebut terjadi pada pukul 05:11:35 WITA dengan kekuatan M=2,1 dengan episenter pada koordinat 4,19 LS – 122,63 BT sekitar 25,4 Km Tenggara Kendari (Moramo)  Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 10 Km.

Dihimpun dari laporan masyarakat menunjukkan bahwa dampak gempa berupa getaran dirasakan di Wilayah Moramo – Provinsi Sulawesi Tenggara dalam skala intensitas II SIG BMKG  (II – III MMI).  Sampai dengan berita ini diterbitkan belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Sampai pukul 09.30 WITA, belum terdeteksi adanya gempa susulan. Kepala stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia menghimbau agar masyarakat  tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa.

Menurut hasil analisa lembaganya bahwa  gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Di jelaskannya lebih lanjut bahwa ditinjau dari kedalamannya, gempa ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari di wilayah Moramo – Sulawesi Tenggara.

 

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :

Komentar