Program READSI Mulai Jalan di Sultra

193

Faktual.Net, Kolaka, Sultra. Program Rural Empowerment and Agricultural Development Scaling Up Initiavie (READSI) adalah program Kementerian Pertanian dalam rangka mendukung visi Pembangunan Pertanian yaitu tercapainya kedaulatan pangan dan meningkatnya kesejahteraan petani serta mendukung suksesnya program regenerasi petani. Di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) program READSI jatuh di tiga kabupaten yaitu, Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara, dan Konawe. Diawali dengan kegiatan perdana yaitu Pelatihan Fasilitator Desa (FD) di dua kabupaten yaitu Kabupaten Kolaka dan Kabupaten Kolaka Utara. Pelatihan FD tingkat Kabupaten Kolaka dan Konawe sendiri dipusatkan di Hotel Pratama Kabupaten Kolaka, yang berlangsung tiga hari, 10 – 12 Oktober 2019.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kolaka, Ir. H. Muhammad Bahrun Hanise, MT dalam pembukaan menyampaikan harapannya agar program READSI betul bisa memberdayakan masyarakat desa pada akhir evaluasinya. “Kita berdayakan masyarakat desa untuk bangkit, apa pengaruh program READSI sebelum dan sesudahnya pada individu maupun kelompok di desa, betulkah program READSI bisa memberdayakan masyarakat desa? Ini dapat dievaluasi oleh Fasilitator Desa, bagaimana kondisi sebelum dan sesudah datangnya program READSI,” ungkap Muhammad Bahrun.

Baca Juga :  Pemda Konsel Gelar Kegiatan Delineasi Batas Wilayah Administrasi Kelurahan dan Desa secara Kartometrik

Selanjutnya ia berharap agar para Fasilitator Desa bekerja secara ikhlas bukan sekedar mengharap materi. “Harapan saya berlomba-lombalah buat prestasi di wilayah kita, lakukan dengan ihlas. Sebelum ke lokasi niatkan dengan ikhlas untuk beribadah selain bekerja. Catat pekerjaan hari per hari yang dikerjakan, kendala dan evaluasinya. Mudah-mudahan pelatihan ini berjalan lancar dan diserap ilmunya demi untuk pengabdian kepada masyarakat,” harapnya.

Mengawali pembukaan Pelatihan Fasilitator Desa, sepatah kata dari Tim READSI Pusat, Aliya Salma Khairunnisa menyampaikan selamat kepada para FD yang lolos seleksi untuk selanjutnya bertugas di desa-desa. “Kontrak FD terhitung Tanggal 1 Oktober 2019, dan bekerja selama 22 hari kerja, namun dapat menyesuaikan dengan kondisi dan keadaan masyarakat desa jika sewaktu-waktu ada kebutuhan masyarakat desa yang membutuhkan bantuan FD di lapangan, selamat bekerja dan semoga dapat menjadi mitra yang baik bagi masyarakat dalam program READSI,” ungkap wanita yang disapa Aliya ini, sekaligus mewakili PT Trans Intra Asia Indonesia sebagai perusahaan pelaksana program READSI.

Baca Juga :  Arsalim dan Sekda Konsel Tinjau Persiapan Lokasi HPS di Pudambu

Acara pembukaan Pelatihan Fasilitator Desa turut dihadiri oleh Koordinator Kabupaten (Korkab) READSI Kolaka yaitu Muhammad Tarsyid, SP dan Alfian G Korkab Konawe, serta Manajer READSI Kolaka Hairuddin.

Reporter : Wa Ode Deli Yusniati

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :