ORI Sultra Akan Maksimalkan Peran Sahabat

44

Faktual. Net, Kendari. Untuk mengkampanyekan fungsi dan peran Ombudsman ditengah-tengah masyarakat, maka Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) akan memaksimalkan peran Sahabat Ombudsman.

Kepala Perwakilan (Kaper) ORI Sultra Mastri Susilo mengatakan bahwa keberadaan Ombudsman, fungsi Ombudsman serta peran-peran Ombudsman masih belum banyak masyarakat yang mengetahuinya.

“Hanya lapisan masyarakat tertentu saja yang mengenal Ombudsman, kelas terpelajar, kelas birokrasi, kelas aktivis. Tetapi masyarakat awam mayoritas belum mengenal Ombudsman” Ungkap Mastri saat dijumpai dikantornya pada Selasa, 14/8/2018.

Dikatakannya lebih lanjut bahwa untuk mengenalkan Ombudsman kemasyarakat, maka diperiode kepemimpinannya di ORI Sultra saat ini, Sahabat Ombudsman akan dilibatkan menjadi agen-agen ORI di Sultra guna memperkenalkan kepada masyarakat “apa itu Ombudsman?”.

Di uraikannya lebih detail bahwa Sahabat Ombudsman bukanlah hal baru. Keberadaan Sahabat Ombudsman di Sultra sudah ada sejak beberapa tahun lalu, hanya saja keberadaannya tidak difungsikan.

Di jelaskannya bahwa Sahabat Ombudsman ini memiliki tingkatan-tingkatan, mulai dari tingkat 1, tingkat 2, dan tingkat 3. Tingkat 1 adalah orang-orang yang memiliki pengetahuan tentang Ombudsman.

Tingkat 2 adalah orang- orang yang memiliki pengetahuan tentang Ombudsman dan menyebarkan dimasyarakat. Serta tingkat 3 adalah orang-orang yang sudah bisa mendampingi masyarakat dalam penanganan laporan di Ombudsman.

Saat ditanyakan siapa saja yang bisa jadi Sahabat Ombudsman, Mastri menyebutkan bahwa Sahabat Ombudsman berasal dari individu, komunitas dan ormas. “Sahabat Ombudsman itu bisa berasal dari individu, bisa berasal dari komunitas serta dari ormas” sebutnya.

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :