oleh

Mahasiswa KKN UHO Berdayakan Masyarakat Memproduksi Masker Dari Kain Khas Daerah

Faktual.Net, Kendari, Sultra – Sejumlah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari berdayakan masyarakat ditengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) untuk memproduksi masker menggunakan kain khas daerah.

Upaya yang dilakukan Mahasiswa KKN ditengah pandemi Covid-19 ini merupakan solusi bagi masyarakat, selain meningkatkan ekonomi juga membantu memperbanyak pasokan masker dalam memberantas penyebaran  Covid-19.

KKN Tematik dengan tema “pemberdayaan ekonomi masyarakat ditengah pandemi¬† Covid-19 melalui pembuatan masker menggunakan kain khas daerah” berlangsung di 4 kabupaten/kota diantaranya Kabupaten Muna, Kabupaten Bombana, Kabupaten Kolaka, dan Kota Kendari.

📷 pengenalan bahan dan desain masker oleh mahasiswa KKK Tematik UHO (Foto : Imon)

Rismon anggota KKN mengungkapkan, KKN kali ini kita terpisah. Masing-masing memiliki tempat penugasan yang berbeda, Ada yang di Bombana, Kolaka, Muna dan Kendari.

“Setiap daerah, masyarakatnya dilatih cara pembuatan masker menggunakan kain khasnya. Hal ini bertujuan untuk melatih kreatifitas masyarakat dalam pembuatan masker sehingga bisa menambah penghasilan di tengah pandemi Covid-19,” ungkap Rismon melalui Via WhatsApp kepada media Faktual.Net pada Ahad 12 Juli 2020.

Baca Juga :  KPU Kota Tidore Sosialisasi PKPU 10 Tahun 2020

Kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN UHO mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Seperti yang diungkapkan Riska Salah satu warga setempat. Ia mengungkapkan bahwa kegiatan mahasiswa tersebut berdampak positif ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Semangat mahasiswa ini memberikan kami edukasi tentang cara peningkatan ekonomi di saat segala aktivitas dibatasi karena pandemi Covid-19 yang tengah melanda daerah kita saat ini. Selain itu kita juga terbantu karena tidak usah repot lagi untuk membeli masker ke pasar,” tutur Riska.

Adapun nama-nama mahasiswa KKN Temtik UHO beserta tempat dan waktu pelaksanaan antara lain:

Baca Juga :  Pemerintah Kelurahan Ancol dan Tim Gustu Covid-19 Edukasi Pedagang Kuliner

1. Rismon Sudarjab
2. Muharar Ani saputri
3. Ijun
4. Sitti Syarah
5. Ode Sinianti
6.Yodi Ruru
7. Sarindah yulianti
8. Arman
9. Ferdiansa
10.Wa Dia

– Desa Palewai Kabupaten Kolaka pada tanggal 15 Juni 2020.

– Desa Tahi Ite Kabupaten Bombana pada tanggal 25 Juni 2020.

– Kelurahan Lalolara Kecamatan Kambu Kota Kendari pada tanggal 4 Juli 2020.

– Desa Labone Kabupaten Muna pada tanggal 6 Juli 2020.

Untuk diketahui mahasiswa KKN Tematik UHO tersebut dibina oleh enam dosen pembimbing diantaranya Rizal, S.Pd.,M.Hum., Prof. Dr. La Taena, M.Si., Dr. Ramly, M.Pd., Dr. Murni Nia, M.Si. dan Dr. La Ili, S.Pd.,M.Pd.

Rasidman

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :