oleh

Komitmen Jaga Peredaran Madu Murni, Jajaran ILMI Sultra Tanda Tangan Pakta Integritas

Faktual.Net, Kendari, Sulawesi. Sebagai bentuk penjagaan terhadap eksistensi madu murni di Bumi Anoa (baca : Sulawesi Tenggara) maka, Inspirator Lebah Madu Indonesia Regional Sulawesi Tenggara (ILMI Sultra) mengharuskan jajaran pengurus dan anggotanya untuk menandatangani Pakta Integritas terkait kesungguhan menjaga kemurnian madu secara global.

Penandatanganan Pakta Integritas secara perdana berlangsung sederhana di sekretariat ILMI Sultra, simpang 4 Lawata, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara pada Ahad sore, 14/6/2020.

Kepada media, Muhammad Warqah Hamzah, S.Hut selaku sekretaris ILMI Sultra mengatakan bahwa poin penting dari Pakta Integritas tersebut adalah agar orang yang tergabung di ILMI punya komitmen kuat untuk konsisten dengan madu murni dan produk – produk turunannya.

“Kami di ILMI bukan hanya ucapan mengatakan bahwa kami menjual madu murni (baca : madu asli) tetapi harus ada bukti yang berkekuatan hukum bahwa kami akan menjual madu murni. Pakta Integritas ini adalah bukti bahwa kami sangat serius untuk menjaga kemurnian madu di Sultra”, ucap Warqah sapaan akrabnya.

Baca Juga :  Kepala Desa Bersama Sekdes Bontoloe Sabtu Bersih Persiapan Balla Rewako

Dikatakannya lagi, keberadaan ILMI secara luas selain memburu, beternak dan menjual madu murni, juga berkomitmen untuk mengedukasi para pemburu dan petani agar dalam proses panen madu yang dilakukan berdasarkan standar SNI terkhusus panen madu hutan harus bersifat lestari.

Warqah mencontohkan bahwa proses panen madu yang berstandar SNI adalah madu ditiris saat panen, bukan diperas.

“Selain menjaga peredaran madu agar terhindar dari madu Sirupan, Oplosan dan Sintetis (SOS), ILMI dan anggotanya berkewajiban untuk mengedukasi masyarakat baik pengkonsumsi madu, maupun pedagang madu untuk tidak membeli dan tidak menjual madu SOS sehingga perlahan tapi pasti, peredaran madu SOS akan terputus”, kata pria yang sehari-hari aktif di Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Gularaya.

Baca Juga :  Pemerintah Desa Paranglompoa, Dukung Gerakan Sejuta Masker di Gowa

Senada dengan sekretarisnya, Suhardi selaku Ketua ILMI Sultra mengatakan bahwa penandatanganan Pakta Integritas ini bukan hanya di ILMI Sultra tetapi berlaku secara nasional di semua regional ILMI se Indonesia.

“Pakta integritas ini bukan hanya di Sultra tapi berlaku nasional di semua regional ILMI se Indonesia”, ucap Suhardi.

Untuk menjadi informasi bahwa ILMI adalah organisasi non pemerintah yang konsen mengkampanyekan penjagaan terhadap kemurnian madu murni Indonesia. ILMI beranggotakan pemburu, peternak, peneliti dan pedagang madu.

Redaksi

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :