Kakanwil Kemenag Sultra “Santri Adalah Pelopor Generasi Spiritual Di Indonesia”

51

Faktual. Net, Kendari, Sultra. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Abdul Kadir mengajak Santri sebagai pelopor generasi spiritual masyarakat Indonesia.

H. Abdul Kadir menegaskan bahwa peran penting dan tugas santri adalah menghadapi tuntutan peradaban bangsa yang majemuk. Hal tersebut ditegaskannya saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan hari Santri Nasional Tahun 2018 yang dipusatkan di Pesantren Ummu Shabri Kendari pada Senin, 22/10/2018.

H. Abdul Kadir mengingatkan bahwa santri sebagai pelopor generasi sudah seharusnya selalu aktif dalam belajar karena menurutnya pemilik masa depan itu adalah santri yang selalu aktif dalam belajar, begitu pula sebaliknya santri yang tidak aktif belajar adalah mereka yang mejadi masa lalu.

Baca Juga :  Ada Apa? Sekumpulan orang Tua Semangat Ikuti Syiar Islam Di Bontolempangan

“Santri Harus memiliki komitmen kuat seperti ikrar santri yang dibacakan tadi, sebagai generasi penerus yang menggerakkan agar masyarakat Indonesia memiliki kedalaman spiritual, generasi pelanjut yang memiliki keagungan akhlak, serta sebagai pelopor anak yang memiliki keluasan ilmu dan kematangan kompetensi,” kata H. Abdul Kadir.

“Oleh karena itu para ulama, habaib, kyai dan ustadz telah berusaha agar para santri menjadi bagian kecerdasan intelektual kreatif dan mandiri, namun juga mereka mampu beradaptasi pada lingkungan masyarakat,” ungkapnya.

Kontingen Perkemahan Pramuka Santri Nasional 2018

Pada puncak peringatan Upacara Hari Santri Nasional Tahun 2018 kali ini juga dirangkaian dengan pelepasan kontingen Perkemahan Pramuka Santri Nasional (PPSN) Sultra yang akan bertolak ke Jambi pada Selasa besok 23 Oktober 2018.

Baca Juga :  250.000 Jemaat Memadati GBK Hadiri Natal Tiberias 2019

Pelepasan kontingen PPSN ditandai dengan penyerahan bendera kontingen yang diserahkan Kakanwil kepada ketua kontingen Sultra serta pelepasan balon di udara.

Upacara Hari Santri kali ini turut dihadiri para pejabat eselon III dan IV Kemenag Lingkup Kanwil dan Kemenag Kota Kendari,  para pengurus pesantren, perwakilan perbankan dan ASN Kanwil Kemenag Provinsi Sultra.

Penulis : Sadar

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :