Hebat.. Kades Balbar Benchmarking Ke China

1395

Faktual.Net,Tidore. Kesuksesan Kepala Desa Balbar Kecamatan Oba Utara Kota Tidore kepulauan Amir Abdullah dalam Pengelolaan Administrasi Keuangan Desa serta Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), mendapat perhatian penuh dari pemerintah pusat melalui Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia.

Dari kesuksesan tersebut, Amir kemudian mendapat undangan dari Pemerintah Pusat untuk mengikuti study banding (Benchmarking) terkait dengan sistem pengelolaan BUMDes dan Pengelolaan Administrasi Pemerintah Desa, dengan tujuan dapat menshare pengalaman yang dimilikinya dan membawa pulang pengalaman serta pengetahuan yang diterapkan di Negeri Tirai Bambu alias Cina.

“Rencana berangkat pada tanggal 1 September 2019 dari Tidore ke Jakarta, sementara dari Jakarta ke Cina kemungkinan tanggal 3, jadi kegiatan di Cina itu selama satu minggu namun kalau dihitung dengan perjalanan maka totalnya dua minggu lebih,” ungkap Amir saat diconfirmasi  via telpon Senin, (19/8/19) .

Menariknya, keberangkatan Amir ke Negeri Cina ini, merupakan satu-satunya perwakilan Maluku Utara yang ditentukan secara langsung oleh Kementrian Desa, PDTT Republik Indonesia. pasalnya agenda tersebut hanya diikuti oleh masing-masing peserta dari Desa yang berprestasi di setiap Provinsi yang ada di Republik Indonesia, dan Amir termasuk salah satu Kepala Desa yang masuk dalam penilaian Kementrian Desa.

Baca Juga :  MPC Pemuda Pancasila Maros, Siap Laksanakan Muscab IV

“Perekrutan peserta ini ditentukan langsung oleh Kementrian, dasar perekrutan ini dilihat dari Pengelolaan Administrasi Keuangan Desa dan Penglolaan BUMDes,” tambahnya.

Lebih lanjut, Amir menjelaskan bahwa dimasa kepemimpinannya sukses menyabet pengelolaan Administrasi Keuangan Desa terbaik Provinsi Maluku Utara sejak tahun 2015 hingga sekarang, selain itu dalam level Provinsi Desa Balbar merupakan salah satu Desa yang pengelolaan BUMDesnya bergerak pada persoalan sampah yang merupakan isu Nasional.

Bahkan tak hanya itu, dalam pengelolaan BUMDes, Amir mengaku saat ini BUMdes Berkah Desa Balbar sudah bergerak dibeberapa sektor diantaranya Pengelolaan Sampah, Sablon Kaos, dan Pengelolaan Gedung Balai Pelatihan Desa Balbar yang didalamnya terdapat lapangan bulu tangkis dua unit, serta makanan ringan dan bola untuk diperjualbelikan kepada pengunjung yang menggunakan fasilitas gedung tersebut. dan rencana di tahun 2020, Amir juga akan membangun wisata pantai dengan membuat dua unit Gazebo dan sarana pendukung lainnya seperti WC dan Kamar Mandi, yang nantinya akan dikomersial menjadi uang oleh masyarakat dan Bumdes Berkah Desa Balbar.

Baca Juga :  Belajar Melantai, Kadis: Saya Minta maaf, Semua Segera Terlayani

“Untuk bangunan gedung Balai Pelatihan Desa Balbar itu kalau menggunakan hitungan konsultan nilainya sebesar Rp. 2 Milyar, namun karena kita melakukan swadaya masyarakat sehingga anggarannya dapat ditekan senilai Rp. 700 Juta, yang sesuai dengan alokasi anggaran yang kita masukan dalam APBDes, jadi dari pembangunan gedung itu saat ini BUMDes sudah bisa meraup keuntungan perbulan senilai Rp. 2 Juta, itu belum ditambahkan dengan keuntungan BUMDes yang bergerak di Bank Sampah dan Sablon Kaos,” jelasnya.

Reporter : Aswan Samsudin

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :