oleh

PK IMM FH Unhas Gelar Kajian Filsafat Hukum, Diharapkan Terus Membaca dan Berdiskusi

Faktual.Net, Makassar, Sulsel –Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Hukum (FH) Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Bidang Riset, Pengembangan, dan Keilmuan (RPK) kembali mengadakan Kajian Ikatan (KITA), Sabtu (13/11/2021).

Kegiatan tersebut mengusung tema ‘’Filsafat Hukum: Menganalisa Hukum dan Norma dalam Usaha Menjadi Yuris yang Berintegritas’’ yang berlangsung di Gazebo Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.

Hadir sebagai narasumber Muslim Haq. M., S.H. yang juga merupakan Demisioner Ketua Umum Komisariat IMM FH UH Periode 2017-2018 dan Zayyan Rihhadatul Aisy, Sekretaris Bidang Riset, Pengembangan, dan Keilmuan bertindak sebagai moderator.

Muslim sapaan akrabnya, dalam materinya mengupas tuntas mengenai pengantar dari filsafat hukum, hakikat filsafat hukum, objek dari filsafat hukum, serta aliran atau mahzab filsafat hukum yang meliputi Aliran Hukum Alam. Sejarah hukum, Positivisme Hukum, Utilitarianisme, Sociological Jurisprudence, Realisme Hukum, dan terakhir Freirechtslehre.

“Sangat penting mempelajari Filsafat hukum sebab ilmu ini merupakan ilmu basic dalam kajian ilmu hukum. ungkap Muslim yang juga Mantan Ketua Umum IMM Cabang Makassar Timur,” tandasnya.

Lebih lanjut, dirinyapun menyampaikan bahwa harapannya kegiatan ini senantiasa menjadi pemantik agar terus memperluas khazanah ilmu pengetahuan dengan terus membaca literatur dan berdiskusi.

“Tentu saja dengan selalu mencari referensi sebanyak banyaknya yang relevan dan aktual serta semangat dalam menghadiri kajian-kajian seperti saat ini,” harap Muslim yang saat ini merupakan Mahasiswa Pascasarjana Fakultas Hukum Unhas.

Sementara itu, Tenri Kanna Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Komisariat Fakultas Hukum Unhas, mengapreasiasi kegiatan kajian ini.

“Saya berpesan agar terus mengaktualisasikan salah satu dari trilogi IMM yaitu intelektualitas dalam diri setiap kader,” ujarnya.

Diskusi ini berlangsung riuh yang dihiasi dengan tanya jawab antara pemateri dengan peserta dengan didominasi oleh mahasiswa baru Fakultas Hukum Unhas bersama segenap pimpinan komisariat IMM Fakultas Hukum Unhas.

Serta turut dihadiri Taufik Hidayat Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Unhas, Nurmi Mahasiswa Pascasarjana Unhas, Engki Fatiawan Ketua Umum IMM Komisariat Pertanian Unhas dan juga beberapa Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar. (Red).

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :