Madu Murni “Abu Ken” (Buih Bukan Madu)

50

Faktual.Net, Kendari, Sultra. 4 hal yang terkandung di sarang madu (sarang lebah) ;
1. Madu Murni.
Madu Murni adalah Madu yang telah terpisah dari zat-zat yang bukan madu yang terikut saat proses panen madu ditingkat petani yang proses panennya tidak sesuai standar operasional prosedur (SOP). SOP panen madu yang benar adalah ditiris bukan diperas dan untuk Trigona selain ditiris cara lain adalah dengan menggunakan vacum.

Salah satu zat yang terikut pada madu murni yang bukan merupakan madu adalah buih. Buih dapat merusak kualitas madu. Buih harus dihilangkan dari madu tentu dengan teknik yang sesuai SOP.

Buih terbentuk dari 2 hal :
1. Buih terjadi karena madu mengandung kadar air yang tinggi diatas 22 % (standar SNI) terfermentasi dengan ragi yang terkandung didalam madu. Jika buih ini tidak dihilangkan maka perlahan-lahan akan merusak kualitas madu.

2. Buih yang terjadi karena banyaknya zat-zat bukan madu yang terikut saat petani panen madu. Misal : Embrio lebah dalam sarang lebah yang ikut terperas saat panen madu, keringat yang terikut saat petani peras madu tanpa sarung tangan makanan, remah-remah pengasapan saat petani mengasapi madu, semuanya itu penyebab buih.

Baca Juga :  Pentingnya Profesionalisme Bagi Media dan Jurnalis Muslim

Madu-madu terbaik dunia : Madu Sidr dari Yaman, Madu Habasya dari Mesir, Madu Manuka semuanya tanpa buih dan madu-madu ini adalah Madu terbaik dunia berdasarkan standar FAO.

Madu Murni “Abu Ken”, Telah Dilakukan Proses Penghilangan Buih

2. Royal Jelly.
Royal Jelly adalah susu lebah yang terdapat di sarang lebah. Susu Lebah adalah makanan buat ratu lebah dan larva lebah dalam sarang yang disekresikan oleh lebah pekerja sebagai makanan bagi ratu dan larva.

3. Bee Pollen

Bee Pollen adalah super food yang terdapat di sarang lebah. Bee Pollen ini adalah makanan yang terkandung di sarang lebah/sarang madu yang berprotein tinggi. Untuk panen yang dikelola secara moderen kebanyakan madu dan Bee Pollen nya dipisahkan dan Bee Pollen nya diekstrak dalam bentuk bubuk atau kapsul untuk makanan tersendiri bagi penikmat Bee Pollen.

Baca Juga :  Pentingnya Profesionalisme Bagi Media dan Jurnalis Muslim

4. Propolis.

Propolis adalah air liur lebah yang berfungsi sebagai antibiotik. Antibiotik yang terkandung dalam propolis ketika dikonsumsi oleh manusia sangat baik untuk pengobatan karena ikatan senyawanya sama dengan senyawa antibodi manusia.

Bee Pollen dan Royal Jelly banyak terkandung pada madu hutan dari Lebah Jenis Apis Dorsata.

Bee Pollen dan Propolis banyak terkandung pada Madu Trigona dari Lebah Jenis Trigona.

Dapatkan Madu Murni “Abu Ken” yang telah dilakukan proses penghilangan buih. Hubungi : 082292600735

#DariKendariUntukIndonesia
#MaduMurniAbuKen
#SaveMaduIndonesia

Penulis : Aco Rahman Ismail (Abu Ken) 12/12/2019, berdasarkan pengalaman dan penelitian by UD Ken Food.

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :