oleh

Dikbud Sultra Hidupkan Kreativitas Seni Budaya Lokal di Tengah Situasi Pandemi Covid-19

Faktual.Net, Kendari, Sultra – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dibawah kepemimpinan Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH bersama Wakilnya, Dr H Lukman Abunawas SH MH MSi terus berupaya mengembangkan seni budaya lokal yang ada di Bumi Anoa, meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Upaya tersebut kemudian menjadi salah satu agenda rutin dan penting setiap tahunnya bagi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, dibawah komando Drs Asrun Lio MHum PhD selaku Kepala Dinas. Diantaranya melaksanakan pameran seni rupa serta festival tari, selama lima hari kedepan, yang bertempat di UPTD Museum dan Taman Budaya Dikbud Sultra, dimulai Jumat (24/9/2021), dengan tema Tetap Berkarya di Masa Pandemi Covid-19.

Asrun Lio Saat Menghadiri Pembukaan Pameran Seni Rupa Serta Festival Tari

“Provinsi Sultra selain kaya akan hasil alam, salah satunya dari segi pertambangan, juga kaya akan seni dan kebudayaan. Sehingga ini menjadi agenda penting bagi Pemprov Sultra melalui Dikbud Sultra, untuk terus mempertahankan bahkan mengajak semua komponen, agar bersama-sama mengembangkan seni budaya lokal yang ada di daerah ini,” ucap pria yang masuk terbaik dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan IX 2021, pada Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan (Puslatbang KMP) LAN RI ini.

Baca Juga :  Cegah Kriminal SatSamapta Polres Serang Kota Lakukan ini
Salah Satu Penampilan Tari-tarian Dari Sultra Dalam Pembukaan Pameran Seni Rupa Serta Festival Tari.

Alumni S3 The Australian National University of Cambera ini mengungkapkan, sebagai pemerintah, pihaknya terus mendorong para pekerja seni di Sultra untuk terus berkarya, meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Salah satu upaya pemerintah dalam memfasilitasi para seniman di Sultra agar terus meningkatkan minat dan bakatnya yakni melalui pagelaran pameran seni rupa dan festival tari seperti terlaksana saat ini, yang tentu dalam pelaksanannya tetap menerapkan protokol Covid-19. Hal ini juga sebagai salah satu wujud pelaksanaan visi Pemprov Sultra, dalam hal ini Gubernur bersama Wakilnya yakni Sultra Beriman dan Berbudaya,” terang Akademis Asal Mornene Bombana ini.

Baca Juga :  Seorang Satpam Gagalkan Pencurian, Aksinya Terekam CCTV
Asrun Lio Saat Mengunjungi Salah Satu Stand Seni Rupa

Pembina Kerukunan Keluarga Baubau Buton (KKBB) Provinsi Sultra ini menambahkan, dalam pameran tersebut terdapat sejumlah karya seni dan juga menampilkan festival seni tari, dengan melibatkan berbagai sanggar maupun sekolah.

Pencetus Proper PERAU GADIK di Bumi Anoa ini pun berharap, melalui pameran seni rupa serta festival tari tersebut, para pelaku seni di Sultra terus menggali potensi bakat dimiliki, guna meningkatkan kebudayaan lokal serta terus berkarya meskipun masih dalam masa pandemi covid-19. Sekaligus sebagai ajang sosialisasi dan promosi serta bentuk dalam menjaga warisan budaya bangsa.
(RED)

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :