oleh

Bupati Surunuddin Dangga Imbau Masyarakat Konsel Sukseskan Sensus Penduduk

Faktual.Net, Konsel, Sultra. Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga menghimbau seluruh lapisan masyarakat Konsel untuk turut mensukseskan sensus penduduk secara online Tahun 2020. Dengan berpartisipasi aktif mengisi data keluarga sesuai kondisi dan fakta yang ada, valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Hal itu disampaikannya usai melakukan sensus penduduk online di Rujab Bupati, Senin, 17/2/2020.

“Mari kita sukeskan sensus penduduk Tahun 2020 dengan mengisi data diri dan seluruh keluarga dengan baik dan benar serta apa adanya, dalam rangka mendukung program pemerintah menuju Satu Data Kependudukan Indonesia,” katanya.

Dia menjelaskan sensus penduduk online dapat menambah literasi akan penggunaan teknologi informasi yang lebih baik serta dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya suatu data, yang diawali dari informasi diri dan keluarganya.

Baca Juga :  Permudah Diagnosa Covid-19, Pemkot Tikep Bakal Sediakan Alat PCR

“Sebagai pejabat publik harus memberi contoh bahwa ia telah turut serta mensukseskan program dengan mengisi sensus tersebut,” ucapnya.

Untuk mensukseskan sensus penduduk, Bupati Konsel juga memerintahkan seluruh pimpinan OPD, Camat hingga ke tingkat pemerintah Desa untuk berkomitmen bersama mensukseskan kegiatan Pemerintah dengan menginformasikan ke masyarakat agar berpartisipasi dalam program tersebut.

Dikatakan, sudah saatnya seluruh masyarakat Konsel memberikan kontribusi nyata yang tidak hanya untuk BPS, tetapi sekaligus sebagai tolak ukur dalam melaksanakan pembangunan demi masa depan bangsa dan negara yang lebih baik.

“Isi data diri keluarga melalui situs https://sensus.bps.go.id dan pastikan terdata dalam sensus. Ini merupakan kunci utama kesuksesan pembangunan di daerah dan nasional, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui program pembangunan tepat sasaran,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua BPS Konsel, Muh Amin, menjelaskan bahwa sensus penduduk online 2020 terdiri dari tiga tahapan pengumpulan data yakni sensus penduduk secara online, sensus penduduk secara wawancara dan pencacahan sampel.

Baca Juga :  Usai Tikam Suaminya Lalu Istrinya Dibawa Lari, Penjual Semangka di Gowa Diburu Polisi

“Sensus penduduk secara online dilaksanakan pada Tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020, sensus Penduduk Wawancara dilaksanakan pada Tanggal 1 sampai 31 Juli 2020, dan pencacahan sampel di bulan Juli 2021,” terangnya.

Dia menjelaskan sensus dapat dilakukan kapan saja secara mandiri selama periode pelaksanaan sensus penduduk secara online.

Dia mengatakan sebelum mengisi data diri terlebih dahulu menyiapkan beberapa dokumen yakni KTP, KK, dan Akta Kelahiran.

“Untuk dokumen seperti Buku Nikah jika sudah menikah, Surat Cerai jika bercerai,” terangnya.

Reporter: Marwan Toasa

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :