oleh

A. Pasaribu: Ada Rasa Haru dan Bangga Pulang Kampung bersama Orang Perantauan

Faktual.net, Jakarta Utara, DKI Jakarta – Sekolah Dasar tempat kita bersekolah yang sudah puluhan tahun ditinggalkan tentu meninggalkan rekam jejak memori yang begitu indah di dalam hidup ini.

Rumah di kampung, selfi dulu sebelum acara pulang kampung dimulai

A. Pasaribu seorang pengusaha yang kini tinggal di Jakarta ibu kota negara pun merasakan hal tersebut.

Bersama dengan rekan-rekan yang sebagian besar meninggalkan kampung halaman kini mengenang kembali masa-masa kecil mereka ketika kembali pulang ke desa Siunggas Hutanagodang Kecamatan Purba Tua Kabupaten Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara.

Dengan menggunakan pesawat terbang ia bersama istri kekasih sesaat meninggalkan hiruk pikuk dan kesibukan aktifitas di Jakarta bernostalgia dengan sahabat-sahabat yang dulu.

Pada Minggu  (9/7/2022) mereka datang mengunjungi Sekolah Dasar tempat mereka mengenyam pendidikan dasar dan bermain tatkala usia sekolah dasar, SD Negeri Hutanagodang.

Siswa Kelas I sampai VI SD bahkan siswa kelas I hingga III SMP Negeri  Hutanagodang bercampur riuh sukacita menyambut kakak-kakak kelas yang telah berhasil di dalam kehidupan mereka dengan berbagai aktivitas seperti PNS, pengusaha, karyawan swasta dan lain-lain.

Ada sekitar 40 anggota perkumpulan perantauan alumni SD Hutanagodang. Mereka disambut adik-adik kelas mereka yang terpaut begitu jauh mungkin sudah seusia ayah bunda mereka atau kakek nenek mereka.

Anak sekolah sedang menyambut dan menari di acara pulang kampung

Mereka gembira karena mendapat support dan dukungan moral untuk lebih sungguh dalam mempersiapkan masa depan dengan rajin bersekolah.

250 adik-adik SD dan SMP tersebut masing-masing menerima uang. Mereka sangat bergembira dan bersukacita menyambut kakak-kakak alumni.

A. Pasaribu sedang menyumbang anak-anak agar semangat belajar.

Dalam kesempatan tersebut sang Kepala SD Negeri Hutanagodang menyampaikan ucapan terima kasihnya, “Terima kasih kepada para alumni di berbagai angkatan dari SD Negeri Hutanagodang yang hari ini membawa sukacita dan berkat untuk anak-anak,” ucapnya penuh sukacita.

A. Pasaribu alumni, dan salah satu penyandang dana kegiatan tersebut yang berprofesi sebagai pengusaha mengungkapkan bahwa kurang lebih 40 alumni SD Hutana Godang datang dari Jakarta, Bekasi, Pekanbaru, Batam dan Medan bertemu melepas kangen setelah puluhan tahun tak bersua.

“Perkumpulan ini bernama Perkumpulan  Pulang Kampung Bersama ke Siunggas Desa Hutanagodang yang Tinggal di Perantauan,” ujarnya penuh haru.

Anak rantau sedang menyawer kawan-kawan lama.

A. Pasaribu menambahkan,  “Ada 5 hal penting melalui kegiatan yang kami lakukan ini, pertama melalui kegiatan ini kami melakukan pulang kampung bersama, lalu yang kedua kami bertemu melepas kangen dengan kawan-kawan yang pernah bersekolah di SD Negeri Hutanagodang. Ketiga melalui kegiatan ini kami senantiasa belajar untuk selalu mencintai tanah kelahiran kami di samping memang juga kami melakukan bakti sosial dan menghibur adik-adik agar giat belajar dalam meraih cita. Dan yang terakhir yang kelima kami pulang kampung senantiasa meminta doa dan restu dari para orang tua,” ungkapnya.

Memang mereka sudah tidak dapat bertemu lagi kepada Kepala Sekolah dan guru-guru mereka karena semua sudah dipanggil Yang Maha Kuasa ungkap A. Pasaribu dengan rasa haru.

Mereka disambut Kepala SD dan SMP Negeri Hutanagodang yaitu Ibu Boru Sibarani dan Bapak Tambunan.

Sebelum acara penuh sukacita itu mereka berjoget bersama, menyanyi bersama, semua larut dalam kebahagiaan diawali ibadah bersama di halaman yang dipasang tenda.

Ibu-ibu perantau sedang manortor

Tak lupa mereka menyanyikan lagu yang merupakan asli diciptakan dari desa/daerah Siunggas yaitu Lagu Tumba /Sengko Sengko Nara yang cukup dikenal di Nusantara ini.

Acara penutup A. Pasaribu dan pelaksana lainnya sedang diwawancarai youtuber

Semua larut dalam suasana kebahagiaan dan sukacita yang tiada terkira.

Reporter: Johan Sopaheluwakan

 

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :