TNI Selamatkan Ibu Hamil Di Pegunungan Salubanga, Sulteng

29

Faktual.Net, Parigi Moutong, Sulteng. Prajurit Satgas Tindak dan Tim Penerbad TNI yang tergabung dalam Satgas Tinombala III 2019 BKO Polda Sulawesi Tengah bersama melakukan aksi heroik dengan berhasil menyelamatkan Ibu Hamil dan anaknya di wilayah Pegunungan Salubanga, Kabupaten Parigi Moutong pada Sabtu, 27/7/2019.

Kejadian berawal dari Perintah Operasi Satgas Tinombala dalam pencarian DPO MIT Kelompok Ali Kalora di wilayah Pegunungan Biru, Poso hingga Kabupaten Parigi. Pada hari Sabtu pukul 08.00 Wita helikopter take off untuk melaksanakan pendistribusian logistik pasukan Satgas Tindak yang sudah berhari-hari berada di hutan wilayah Dusun Salubanga.

Setelah proses pendistribusian logistik selesai rencana helikopter akan kembali ke Markas Yonif 714/SM di Poso namun Dansatgas TNI/Wakil Kepala Operasi Satgas Tinombala Kolonel Inf Dody Triwinarto mendapat laporan dari anggota Pos Air Teh Lettu Inf Handarwoko bahwa adanya salah satu warga Dusun Tagara Atas yang melahirkan di rumah namun keadaannya kritis karena sebagian badan dari bayi masih tertinggal di dalam kandungan, terlebih di wilayah tersebut tidak terdapat tenaga medis.

Baca Juga :  AMPAK Menuntut Agus Rahardjo Mundur Dari Jabatannya Sebagai Ketua KPK

Kemudian memerintahkan pilot helikopter Mayor Cpn Andung untuk melaksanakan evakuasi udara mengingat jika ditempuh melalui jalur darat menuju Puskesmas Sausu akan menghabiskan waktu kurang lebih 5 jam dikarenakan jarak yang cukup jauh dan medan yang cukup sulit dilalui. Itupun harus menggunakan kendaraan roda empat jenis jeep yang dikenal dengan istilah kendaraan Rambo.

Helikopter take off dari Dusun Salubanga menuju Dusun Air Teh dengan perjalanan udara kurang lebih satu menit dilanjutkan proses evakuasi. Puluhan warga Dusun Air Teh bersama jajaran anggota Pos Air Teh membantu pelaksanaan evakuasi dari rumah menuju helikopter. Tidak membutuhkan waktu lebih dari 6 menit, helikopter sudah landing di Lapangan Sausu dimana petugas kesehatan telah siap melaksanakan tindakan lebih lanjut di Puskesmas.

Baca Juga :  Sering Terjadi Kebakaran, Warga Biringbulu Harapkan Pemkab Gowa Adakan Mobil Damkar

Saat ini Ibu Heriani telah melahirkan dalam keadaan aman dengan kondisi ibu dan anak dalam kondisi sehat yang berjenis kelamin laki-laki, dimana dari pihak keluarga memberikan nama “Muhammad Helly Perkasa” kepada anaknya tersebut. Kemudian pihak keluarga mengucapkan banyak terimakasih kepada aparat TNI-Polri khususnya jajaran Satgas Tinombala yang telah membantu dalam proses evakuasi persalinan.


Red/Aco RI

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :