oleh

Bantu Permodalan dan Legalitas Pelaku Usaha, BPP Kendari Sinergikan Pemprov Sultra dan Perbankan

Faktual.Net, Kendari, Sultra. Unit Pelaksana Teknis Balai Peningkatan Produktivitas (UPT BPP) Kendari kembali menggelar pelatihan peningkatan produktivitas dan wirausaha baru produktif bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Kendari. Kegiatan yang merupakan program kerja dari BPP Kendari tersebut berlangsung di Hotel Dragon Inn Kendari pada 20/1/2020 sampai 24/1/2020.

Dra. Andi Asriani Koke, MM kepada faktual.net mengatakan bahwa pelaksanakan pelatihan peningkatan produktivitas dan wirausaha baru produktif ini merupakan tindak lanjut dari Komitmen Bersama antara BPP Kendari dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (pemprov Sultra) dan perbankan dalam rangka peningkatan produktivitas UMKM dan memperkuat perekonomian di Sultra.

“UPT BPP Kendari, bukan hanya memberikan pelatihan, tetapi paska pelatihan kami ada pembinaan bagi alumni. Konsultasi peningkatan usaha bagi alumni yang telah berjalan usahanya. Dan yang terpenting kami mensinergikan antara pemprov dan perbankan guna memberi dukungan bagi pelaku usaha terkait permodalan dan legalitas”, kata Asriani Koke saat wawancara usai pembukaan kegiatan.

Baca Juga :  Rotary Disaster Response District 3420 Indonesia Bantu Pemerintah Tangani Covid-19

Kepala BPP Kota Kendari tersebut menambahkan bahwa pelatihan peningkatan produktivitas bertujuan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja dalam mengembangkan usaha bagi UMKM. Sedangkan wirausaha baru produktif bertujuan untuk membangkitkan motivasi berusaha dan membantu masyarakat yang memiliki minat untuk memulai usaha, merancang sebuah rencana usaha, serta terimplementasinya rencana usaha.

“Pelatihan ini bisa memberikan manfaat yang luar biasa jika peserta mampu menyerap pengetahuan yang diberikan oleh instruktur serta mampu meng-implemetasikan pada tempat kerjanya masing-masing. Olehnya itu, sangat saya harapkan kepada seluruh peserta untuk mengikuti pelatihan dengan baik sehingga mendapatkan hasil yang maksimal”, harap wanita berhijab tersebut.

Kepala BPP Kendari Memantau Produk UMKM Sultra

Dikatakannya lagi bahwa dalam upaya peningkatan produktivitas, diperlukan adanya sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Perbankan, serta Stakeholder terkait. BPP Kendari telah menandatangani Komitmen Bersama dengan pemprov Sultra dan Pimpinan Perbankan. Komitmen Bersama tersebut sebagai upaya Peningkatan Produktivitas Perusahaan melalui kemudahan regulasi berusaha, akses permodalan serta pendampingan yang bagi alumni pelatihan BPP Kendari.

Baca Juga :  Rotary Disaster Response D3420 Indonesia Luncurkan Gerakan Sejuta Face Shield

Untuk di ketahui bahwa UPT BPP Kendari adalah Unit Pelaksana Teknis Bidang Peningkatan Produktivitas dibawah Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas, Kementerian Ketenagakerjaan RI, yang berlokasi di Kendari, dengan wilayah kerja 10 provinsi di wilayah Indonesia Timur.

Sebagai upaya untuk pengembangan SDM dan meningkatkan Produktivitas di Wilayah Indonesia Timur, dalam kurun 3 tahun terakhir (2017-2019), BPP kendari telah melatih sebanyak 7.785 orang yang berasal dari UMKM, Dunia Pendidikan, Masyarakat Umum, dan Instansi Pemerintah dalam kegiatan Pelatihan Bidang Produktivitas serta 210 Perusahaan telah mendapatkan Bimbingan Konsultansi Peningkatan Produktivitas. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan secara tersebar pada 10 Provinsi wilayah kerja BPP Kendari.

Kegiatan yang direncanakan berlangsung selama 5 hari tersebut, diikuti oleh para dan calon pelaku UMKM Kota Kendari. Dan turut dihadiri oleh Ketua Forum UMKM Sultra, H. Abdul Hakim.

Reporter : Aco RI

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :