oleh

Staretegi Khusus SD Limas Surabaya Hadapi Ujian Sekolah Di Tengah Pandemi Corona

Faktual.Net, Surabaya. Menghadapi virus corona atau Covid-19, SD Muhammadiyah 15 (Limas) Surabaya memiliki program khusus untuk siswa-siswinya yang tengah dilanda pandemi global covid-19.

Menurut Kepala Sekolah (Kepsek) SD Limas Surabaya, Muhammad Natsir mengatakan, program pertamanya yakni, penekanan pembentukan karakter, kedua membangun nalaristik, dan yang ketiga membentuk responsibility.

“Tujuannya, pada murid, sekolah, guru akan sadar bahwasanya ternyata apa yang dibutuhkan selama ini dan bagaimana persiapan Ujian Sekolah untuk syarat kelulusan sekolah telah dipersiapkan secara matang,” ujar M. Natsir saat dihubungi via WhatsApp (WA). Jumat, (03/4/2020).

Ia menegaskan, pembelajaran kali ini tidak jauh beda dari periode sebelumnya. Segala strategi melakukan ‘daring’. Menjadi momentum luar biasa untuk dapat sinergi sekolah, antara orang tua (wali murid) dan anak (siswa).

“Selama ini, mungkin sebagai orang tua punya kesempatan bagus untuk membuat sebuah penyadaran, betapa pentingnya tanggung jawab putra putrinya untuk dinafkahi secara ekonomi, tapi juga menyiapkan generasi cerdas di masa yang akan datang,” ucap Kepsek SD Limas Surabaya ini.

Kendala yang dihadapi sekolah, kata Natsir, siswa merasa kaget. Insyallah dengan program pembelajaran riil bukan materi saja dan kebijakan Mendikbud RI, Nadiem A. Makarim diharapkan, model pelakaran SD Limas berbasis pengembangan bakat, bukan hanya materi pengetahuan. Hingga anak didik nantinya punya pengalaman hidup nyata.

“Maka dari itu, strategi mendalam SD Limas ada 4 yaitu; penanaman doktrin sekolah, program aplikatif, pembiasaan al adabul yaumiyah, dan juga memperbanyak materi yang dikemas sesuai kemampuan siswa yang dilakukan guru selama penerapan di SD Limas Surabaya,” tutup Natsir.

Perlu diketahui, yang akan mengikuti ujian kelulusan sekolah (kelas 6 SD) dengan jumlah total sebanyak 120 siswa. (ari)

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :