oleh

Sesuai Surat Edaran, KPU Wakatobi Resmi Melantik PPS Pilbub 2020

Faktual.Net, Wakatobi, Sultra. Imbas Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), beberapa tahapan pilkada serentak 2020 harus ditunda, salah satu tahapannya adalah pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Dalam Surat Edaran (SE) Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia nomor 8 tahun 2020 tentang pelaksanaan Keputusan KPU RI nomor 179 tahun 2020 tentang penundaan tahapan pilkada ditengah penyebaran Novel Virus Corona Indonesia, ada poin pengecualian pelaksanaan pelantikan PPS bagi daerah yang sudah siap melaksanakan pelantikan PPS dengan berkoordinasi dengan pihak-pihak tertentu.

Proses Pemeriksaan Kesehatan Seluruh Peserta, Tamu Undangan, dan Jajaran KPU Oleh Tim Medis.

Abdul Rajab mengungkapkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Jumaddin dan Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Wakatobi melalui Kasat Intel Hardi Sido dengan mengikuti aturan yang berlaku terkait arahan antisipasi kasus corona tersebut.

Baca Juga :  Akhirnya Papan Informasi Talud Lapangan di Kelurahan Cikoro Terpasang, Ternyata CV.Bontolempangan Pelaksananya

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak Pemda yakni Sekda dan Polres Wakatobi, mereka mempersilahkan untuk melanjutkan kegiatan pelantikan tersebut dengan memperhatikan aturan yang ada. Kami juga melibatkan tenaga medis setempat hasil koordinasi dengan PPK” pungkas Ketua KPU Wakatobi tersebut.

Menurut alumni Magister UNJ itu, pelantikan tersebut semestinya tergelar di ibukota kabupaten, namun sebagai tindaklanjut edaran KPU antisipasi menularnya wabah virus asal Wuhan China, akhirnya agenda digelar tiap pulau.

“Di ibukota terbagi 2 gelombang yakni Wangi-wangi dan Wangsel dilaksanakan pagi dan sore pada masing-masing kecamatan, untuk 3 pulau lainnya Kaledupa, Tomia, dan Binongko masing-masing dilakukan 1 tempat per pulau” ujar usai melantik di Aula Serbaguna Kecamatan Binongko, pada Minggu, 22/3/2020.

Baca Juga :  Polres Gowa Kedatangan Tim Penilai Pelayanan Publik Provinsi Sulawesi Selatan

Bang Rajab pun mengharapkan agar PPS terlantik mampu bekerja sepenuh waktu dengan menjunjung tinggi profesionalitas serta melek dengan aturan pilkada.

“Amanah harus dipertanggung jawabkan dengan baik, sebab peserta sekalian adalah ujung tombak KPU, dalam menjunjung tinggi profesionalitas tidak boleh berpihak, harus jujur, teliti dan tepat waktu serta mampu bekerja sepenuh waktu” tutupnya penuh harap.

Pelantikan ini dihadiri oleh Ketua Panwaslucam Togo Binongko dan Binongko, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Togo Binongko, Camat Binongko, Kapolsek Binongko, dan Danramil Binongko.

Laporan : Edi Sutriadin

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :

Tajuk Berita