Perusda Aman Mandiri Siapkan 500 Juta Untuk Pembelian Cengkeh

34

Faktual. Net, Tidore. Menjawab keluhan para petani cengkeh akibat terjadinya fluktuasi harga yang berkisar dibawah Rp. 70 Ribu per Kilo Gram, saat ini Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan melalui Perusahaan Daerah Aman Mandiri telah menyiapkan anggaran senilai Rp. 500 Juta untuk membantu para petani cengkeh di Kota Tidore Kepulauan.

Hal itu disampaikan Plt. Direktur Perusda Aman Mandiri Noval Kasman dalam acara Talk Show yang digelar Komunitas Pemuda Peduli Kota Tidore Kepulauan (Koppi Tikep) bertajuk “Keringat Petani dan Murahnya Harga Cengkeh” pada Sabtu, (6/7/19) , bertempat di Warkop Sahabat Pantai Tugulufa Kelurahan Tuguwaji.

Baca Juga :  Beragam Inovasi Pelayanan Telah Akomodir Kebutuhan Masyarakat

lebih lanjut, Noval mengatakan dalam pembelian cengkeh untuk saat ini Perusda Aman Mandiri membuka seluas-luasnya bagi petani maupun tengkulak yang berkeinginan menjual cengkeh ke Perusda. Dan dalam penentuan harga sendiri, kata dia tentu diatas dari harga yang ditetapkan oleh tengkulak.

“Saat ini saya sudah menginstruksikan ke bagian pemasaran untuk terus memantau harga pasar, jadi misalnya harga pasar yang ditetapkan tengkulak beli Rp. 70 Ribu maka kami beli diatas 70 ribu,”ungkapnya.

Dia juga menjelaskan bahwa dalam pembelian cengkeh itu sendiri Perusda akan menyambangi petani secara langsung maupun menunggu kedatangan petani yang nantinya akan menjual hasil panen mereka ke Perusda, sebab saat ini Perusda belum bisa berbuat banyak karena Perusda belum mengikat kerjasama dengan para tengkulak di Kota Tikep.

Baca Juga :  Muhammadiyah Kaji Lingkungan Bersama Dr. La Ode Ngkoimani

“Kami berharap para pengepul (tengkulak) cengkeh ini bisa bekerjasama dengan kami, namun kami menyadari bahwa tengkulak disini sudah membangun kerjasama dengan para penadah cengkeh dari cina yang berada di ternate, meski begitu kami akan terus berupaya untuk mencari solusi-solusi terbaik demi kesejahteraan petani cengkeh, pala dan kelapa,” jelasnya.

Reporter : Aswan Samsudin

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :