Pertemuan ke -10, Walikota Tikep Terpilih Sebagai Wakil Presiden GNMC

26

Faktual. Net, Tidore. Puncak Pertemuan Global Network Magellan Cities ke-10 yang dilaksanakan di Kota Tidore Kepulauan, Rabu (17/7/19) berlangsung lancar dan penuh keakraban. Sejumlah kesepakatan berhasil tercipta dalam Meeting yang dipimpin Walikota Capt. H. Ali Ibrahim selaku Ketua Sidang bersama Presiden GNMC, Catarina Marquez De Almeida Vaz Pinto.

Diantara hasil kesepakatan yang dibahas di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota Tidore tersebut adalah perjanjian kerjasama yang tertuang dalam Pernyataan Kehendak antara Kota Tidore Kepulauan dan Seville, Spanyol sebagai Kota Bersaudara, yang diharapkan akan menjalin dan meningkatkan kerjasama di bidang Budaya, Pariwisata, Pengembangan Ekonomi dan Pembangunan Kapasitas Sumberdaya Manusia. Pernyataan Kehendak ini ditandatangani oleh Walikota Capt. H. Ali Ibrahim bersama Wakil Walikota Seville, Oscar Humberto Evora Dos Santos.

Dalam kesempatan tersebut para delegasi juga sepakat menandatangani Deklarasi Maluku Kie Raha yang menyepakati upaya anggota GNMC untuk meningkatkan kerjasama antara delegasi anggota antara lain Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, hubungan Sosial Budaya, Pengelolaan Kota, Transportasi Maritim, Pembangunan Pelabuhan dan Perikanan, serta mengupayakan jalur rempah menjadi warisan budaya di UNESCO.

Baca Juga :  Mastri Susilo "Sultra Harus Merdeka Dari Mal Administrasi"

Untuk melaksankan kegiatan sehubungan dengan 500 tahun pelayaran keliling dunia Ferdinand Magellan, untuk hal tersebut Kota Tidore Kepulauan akan melaksanakan Sail Tidore tahun 2021 yang akan diurangkaikan dengan berbagai kegiatan budaya dan wisata. Selain itu, akan dilaksanakan pelayaran Napak Tilas Magellan-Elcano dengan menggunakan Kapal Phinisi.

Para Delegasi Anggota GNMC berfoto bersama di sela-sela Meeting ke-10

Capt. H. Ali Ibrahim juga mengharapkan hasil keputusan Meeting ke-10 GNMC yang dituangkan dalam deklarasi Maluku akan semakin memperkuat jaringan persahabatan antara kota-kota Magellan dan mendorong kerjasama yang lebih erat dan menguntungkan.

Di sela-sela konferensi pers Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim terpilih sebagai wakil presiden GNMC pada pertemuan ke 10 GNMC di Tidore, Hal ini terungkap pada konfrensi pers yang digelar sesaat setelah pertemuan ke 10 GNMC. Dalam konfrenai pers tersebut juga disebut bahwa Wakil Walikota Sevilla, Oscar Humberto Evora Dos Santos terpilih menjadi Presiden GNMC yang baru.

Baca Juga :  SDN 4 Wakorumba Selatan Panen Prestasi Di Ajang Olahraga Tingkat Kecamatan

Meeting GNMC ke 10 ini dihadiri oleh sebelas delegasi anggota. Turut hadir, Duta Besar  Spanyol untuk Indonesia, Jose Maria Matres Manso, Duta Besar Portugal, Rui Fernando Sucena Do Carmo, Investor Pariwisata, Akademisi dan Ahli Sejarah. Usai melaksanakan pertemuan para Delegasi melakukan city tour ke sejumlah tempat bersejarah di Tidore, diantaranya Monumen Juan Sebastian de El Cano yang merupakan tugu pendaratan Juan Sebastian El Cano di Tidore, Kelurahan Mareku, Benteng Tahula dan Benteng Tore serta di Kadato Kie Kesultanan Tidore.(hms)

Reporter : Aswan Samsudin

 

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :