Pertama di Maluku Utara, RSUD Tidore Miliki Gedung Stroke Center

656

Faktual.Net,Tidore.Wali Kota Tidore Kepulauan H. Ali Ibrahim meresmikan Gedung Stroke Center Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tidore Kepulauan, Senin (23/12/19) lalu.

Peresmian gedung stroke center ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wali Kota Ali Ibrahim didampingi Sekretaris Daerah Asrul Sani Soleiman dihadiri dan disaksikan langsung oleh Forkompimda sejumlah Anggota DPRD, serta unsur Pimpinan SKPD.

Usai pengguntingan pita, H. Ali Ibrahim bersama rombongan meninjau areal dalam gedung Stroke Center sekaligus mencoba salah satu alat yang ada.

Di kesempatan itu, Ali Ibrahim menyampaikan bahwa, dengan diresmikannya gedung tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat Kota Tidore Kepulauan dalam berobat terutama bagi mereka yang mengalami sakit stroke. Selain itu, para pasien diharapkan tidak lagi di rujuk ke Ternate.

“Masyarakat Tidore selama ini kan selalu dirujuk ke Ternate. Insya Allah tahun depan tidak lagi ke Ternate karena kita sudah punya gedung, alat-alat dan SDMnya,” tutur Ali Ibrahim.

Baca Juga :  Walikota Tikep Serahkan Sertifikat Tanah Gratis Di Kecamatan Oba

Tak lupa, Ali Ibrahim juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada salah satu Tokoh Masyarakat Maluku Utara dan juga merupakan putra Tidore, yakni Ahmad Hatari. Dimana, kata Ali Ibrahim, bahwa Ahmad Hatari yang merupakan politisi Partai Nasdem di Senayan itu turut mempunyai andil memperjuangan alokasi anggaran untuk kota Tidore Kepulauan.

Selain meresmikan sekaligus meninjau gedung stroke center, Orang nomor satu di Kota Tidore Kepulauan ini  juga meninjau empat gedung lainnya yang telah selesai dibangun, masing-masing Gedung Hemodialisa, Gedung Kebidanan, Gedung Rawat Inap Klas I dan Klas II, dan Gedung Bedah Central Terpadu.

Gedung Hemodialisa dan gedung Stroke Center di RSUD Kota Tidore Kepulauan merupakan satu-satunya di Provinsi Maluku Utara sedangkan untuk pasien cuci darah tidak lagi dirujuk ke Rumah Sakit Ternate karena di RSUD Kota Tidore Kepulauan sudah bisa melakukan proses cuci darah. Disamping itu, RSUD Kota Tidore juga merupakan rujukan regional V, sehingga dapat melayani masyarakat di luar Kota Tidore.

Baca Juga :  Harga Gula Jatim Naik dan Langka, Gubernur Khofifah Minta Satgas Pangan & KPPU Cek Stok di Gudang dan Pabrik

Dikesempatan yang sama, Direktur Rumah Sakit Daerah Kota Tidore Kepulauan dr Fahrizal Maradjabesy mengatakan bahwa, pada tahun 2020 nanti pelayanan kesehatan sudah akan dilakukan sehingga pelayanan masyarakat di Kota Tidore bisa terpenuhi.

“Di Tahun 2020 sudah bisa beroperasi, contoh di ruang Perawatan, sekarang pun sudah bisa sebenarnya. Tempat tidur sudah ada, AC sudah ada, semua sudah ada tinggal masuk saja. Kemudian Bedah Central itu SDM nya sudah ada,” kata Fahrizal.

Dikatakan, untuk cuci darah yang belum, karena pihaknya lagi menunggu dokter spesialis penyakit dalam sekolah tiga bulan lagi.

“Itu untuk spesialis cuci darah. Mensiasati itu maka saya kontrak dulu, sudah ada dokter dari luar untuk mengisi kekosongan itu,” akunya.(hms)

Reporter : Aswan Samsudin

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :