oleh

Pendisiplinan Prokes, Polres Pekalongan Tegur dan Imbau Pemilik Sepeda Motor Protolan

Faktual.Net, Pekalongan, Jateng – Masih banyak masyarakat di Kabupaten Pekalongan yang mengabaikan protokol kesehatan Covid-19 dalam kegiatan sehari-hari di luar rumah. Terkait hal tersebut jajaran Polres Pekalongan terus menggiatkan Operasi Yustisi di wilayah hukum Polres Pekalongan.

Menurut Kapolres Pekalongan AKBP Darno, S.H., S.I.K melalui Kasat Lantas AKP Pipit Witianingsih, S.I.K., M.M., mengatakan kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mengingatkan masyarakat pentingnya penerapan prokes saat diluar rumah. Hal tersebut bertujuan untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Santri ini, ucapnya, Rabu (13/1/2021).

Dia mengatakan pada pelaksanaan Operasi Yustisi ini, pihaknya menyasar lokasi-lokasi yang menjadi pusat keramaian dan juga para pengendara yang melintas di sekitar komplek Alun-alun Kajen.

Baca Juga :  Polri Pastikan Konsep Pam Swakarsa Komjen Listyo Sigit Berbeda dengan Tahun 1998

Saat melintas di lokasi tersebut, petugas mendapati sejumlah pemuda sedang nongkrong dengan sepeda motor di dekatnya. Ketika dijumpai sepeda motor mereka tampak tidak menggunakan kelengkapan sebagaimana mestinya. Sepeda motor tersebut tidak dilengkapi dengan plat nomor, spion, body motor dan bahkan tidak ada lampunya.

“Kepada pemilik sepeda motor selanjutnya kita perintahkan untuk melengkapi kendaraan sesuai ketentuan. Karena kondisi sepeda motor protolan selain melanggar peraturan lalu lintas, sangat berbahaya apabila digunakan,” jelasnya.

Disampaikan Kasat Lantas AKP Pipit sebelum diperbolehkan membawa sepeda motornya, harus melengkapi kelengkapan dan membawa surat kendaraannya.

Baca Juga :  Bupati Batang dan Wabup Bersama Forkopimda Jalani Vaksinasi

“Kita lakukan teguran dan imbauan agar tidak mengulangi lagi perbuatannya. Selain itu sebelum dibawa pulang sepeda motor harus dipasang kelengkapan kendaraan,” katanya.

AKP Pipit menambahkan tindakan yang dilakukannya sebagai langkah untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Karena kecelakaan dapat terjadi akibat pelanggaran yang dilakukan seperti tidak menggunakan kelengkapan kendaraan.

Lebih lanjut pihaknya juga tetap mendorong masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan sehabis beraktivitas, memakai masker, menjaga jarak ketika bertemu orang lain.

”Protokol kesehatan harus terus ditegakkan supaya virus corona itu tidak menyebar kemana-mana,” pungkasnya.

Reporter : Trisno

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :