oleh

Pasar Murah KADIN Sultra Jelang Lebaran Produk UMKM Habis Terjual

Faktual.Net, Kendari, Sultra – Pasar murah yang dihelat selama dua oleh KADIN Sultra, 29-30 April 2022 di pelataran halaman kantor KADIN Sultra, dirasakan membawa berkah tersendiri bagi pelaku UMKM. Pasalnya semua produk yang dijajakan di booth laku keras alias terjual habis.

Meskipun pelaksanaan pasar murah terbilang relatif singkat yaitu dua hari saja, namun omzet yang didapat oleh pelaku UMKM sangat disyukuri oleh mereka.

Beberapa pelaku UMKM mengaku, pengalaman mereka berjualan di pasar murah yang di gelar oleh KADIN Sultra ini berbeda di tempat lain.

Koordinator Humas Forum UMKM-IKM Sultra Wa Ode Deli Yusniati dan Ketua Umum.KADIN Sultra Anton Timbang, di acara pasar murah KADIN Sultra, bertempat di halaman kantor KADIN Sultra, Sabtu 30 April 2022.

Ani salah seorang penjual takjil dan menu berbuka mengaku sudah sering mengisi kegiatan berjualan di iven tertentu tapi baru kali ini produk tak tersisa. Omset yang diperolehnya selama dua hari kurang lebih dua juta rupiah.

Pengelola UMKM lainnya, dari Blok Mart, Susy menuturkan pengalaman sama, yaitu produk yang dipajang seluruhnya terjual habis.

“Alhamdulillah dari semua iven yang pernah kita ikuti baru kali ini semua barang terjual habis, dengan omzet penjualan dua hari enam juta lebih,” ungkap Susy.

Ketua KADIN Bau-Bau Alexander Simon transaksi menggunakan QRIS di pasar Murah KADIN Sultra, kerjasama Forum UMKM-IKM Sultra.

Blocks Mart sendiri menurut Susy, adalah galery yang menampung produk-produk UMKM dari 17 kabupaten – kota di Sulawesi Tenggara, olehnya itu ia menyampaikan terimakasih kepada KADIN Sultra yang telah menfasilitasi berjualan di iven pasar murah KADIN Sultra, sehingga produk UMKM terbeli oleh pengurus maupun Ketua KADIN Sultra.

Sementara itu, Ketua Umum KADIN Sultra Anton Timbang, menyampaikan komitmennya untuk tetap memprioritaskan menggandeng UMKM dalam tiap iven KADIN Sultra serta kabupaten – kota di Sulawesi Tenggara.

“Pelibatan UMKM Itu menjadi agenda tetap, prioritas utama KADIN Sultra bahwa setiap ada kegiatan KADIN, UMKM kami ikutkan, termasuk pada pelantikan pengurus KADIN Kabupaten-kota dalam.waktu dekat. Jadi sambil dilakukan pelantikan akan ada pameran yang bekerjasama dengan UMKM,” ungkap AT sapaan akrab Ketua Umum KADIN Sultrai, ditemui Faktual.Net di Kantor KADIN Sultra, Sabtu, 30/04/2022.

Produk UMKM terjual habis di acara pasar murah KADIN Sultra.

Menanggapi maraknya mobilitasi UMKM dari luar oleh Iven Organizer pengelola, saat iven-iven nasional dimana Sultra menjadi tuan rumah, pada tahun-tahun sebelumnya, Aton Timbang menyatakan pendapatnya, tidak setuju adanya mobilisasi UMKM luar, pada tahun mendatang. Sehingga pihaknya akan melakukan langkah-langkah solutif pada iven selanjutnya, misalnya pada perncanaan iven MTQ nasional tahun 2023 di mana Sultra akan menjadi tuan rumahnya.

Seperti diketahui, bahwa pada momen iven nasional banyak sekali UMKM luar yang turut berpartisipasi mengisi booth yang disiapkan oleh panitia IO dengan tarif sewa jutaan rupiah, sehingga UMKM lokal harus bersaing mendapatkan posisi yang letaknya tidak strategis lagi dan berpengaruh pada omzet mereka.

Keceriaan Pelaku UMKM-IKM

Hal tersebut ditanggapi oleh AT bahwa pihaknya kedepan akan mengambil peran jika mengetahui hal tersebut, untuk memberi solusi.

“Kalau ada yang seperti itu kedepan tolong disampaikan kepada saya, karena tidak bisa memantau secara keseluruhan, tolong teman-teman UMKM sampaikan agar kita bisa mengambil langkah-langkah,” tegas AT. ( *DEL* )

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :