oleh

Mete Butur Curi Perhatian Kemendes PDTT dan PT ASTRA INTERNASIONAL

Faktual.Net, Butur, Sultra Mete yang merupakan salah satu potensi produk unggulan lokal Kabupaten Buton Utara (Butur) curi perhatian Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan PT ASTRA INTERNASIONAL.

Hal tersebut berawal dari pengajuan proposal Pemerintah Daerah (Pemda) Butur kepada pihak Astra dalam program ‘Desa Sejahtera Astra’ yang menawarkan Mete sebagai potensi produk unggulan sehingga Butur dilirik dan terpilih mendapatkan pelatihan dan pendampingan untuk mengembangan unggulan kawasan pendesaan tersebut.

Bupati Butur, Drs. H. Abu Hasan, M.Pd, mengatakan seluruh Indonesia hanya Enam Kabupaten yang masuk dalam program Astra tersebut dan Butur merupakan satu-satunya Daerah yang di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang diterima.

“Ini manfaatnya sangat besar sekali karena PT ASTRA INDONESIA akan melakukan pelatihan dan pendampingan untuk mengakses pasar bagi produk yang ada di Butur. Sehingga, mampu mengembangkan sektor unggulan jambu mente dan ini jauh lebih baik pengelolaannya dari sebelumnya,” ungkap Abu Hasan pada awak media, Rabu kemarin (29/7/2020)

Baca Juga :  KPU Tikep Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan Penyelenggara Ad Hoc

Pemimpin Lipu Tinadeakono Sara juga mengatakan dengan adanya kerjasama tersebut bisa mentrasformasikan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan adanya bimbingan, pelatihan, pendampingan, dan transformasi ekonomi jambu.

“Hasilnya tersebut masyarakat jual ke PT ASTRA dan pihak mereka akan menjual dipasaran, dan itu pasti memiliki nilai ekonomi yang tinggi,” jelasnya.

“Saya kira pendapatan masyarakat kita akan bertambah, dan Pemerintah Daerah akan mendapatkan Pendapatan melalui retribusi pajak,” sambungnya.

Baca Juga :  KPU Kota Tikep Sosialisasi PKPU Tentang Syarat Calon dan Pencalonan

Ia juga berharap masyarakat lebih produktif mengolah hasil pertanian dan perkebunan dengan tujuan mampu memiliki ketahanan pangan maupun ekonomi yang lebih kuat diera masa pandemi Corona.

“Saya bersyukur karena upaya-upaya untuk mengembangkan kesejahteraan masyarakat terus berlanjut, terus menerus dan hampir semua sektor kita sudah rambah baik di pertanian maupun perikanan dan kelautan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, 10 Desa yang akan mendapat bimbingan tersebut dari PT ASTRA INDONESIA Tbk, yakni Kecamatan Kulisusu utara Desa Langosangia dan Desa Lamoahi, sedangkan Kecamatan Kulisusu, Desa Kadacua, Desa Tomiahi, Desa Jampaka, Desa Eelahaji, Desa Wasalabose, Desa Rombo, dan Desa Lantangi.

Rep: Zahirudin

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :