Meriahkan HUT Proklamasi BPP Kendari Adakan Kompetisi 5-S

61

Faktual.Net, Kendari, Sultra. Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tahun 2019, Balai Peningkatan Produktifitas (BPP) Kendari mengadakan kompetisi 5 S yang berlangsung selama satu hari bertempat di ruang aula kantor BPP Kendari pada Jum’at, 16/8/2019.

Konsep 5-S merupakan singkatan berbahasa Jepang yang merupakan negara pelopornya yang terdiri dari suku kata Seiri bermakna pemilahan atau ringkas, Seiton bermakna rapi, Seiso bermakna bersihkan, Seiketsu bermakna rawat, dan  Shitsuke bermakna rajin.

Mengawali kompetisi 5-S, Kepala BPP Kendari Dra. Andi Asriani Koke, MM mengungkapkan perlunya digaungkan 5-S di bumi Sulawesi Tenggara (Sultra) agar senantiasa ada penyadaran dan sikap menghargai waktu.

“Inti dari 5-S adalah bagaimana menghargai waktu, menyelesaikan tugas, sehingga selama delapan jam kerja dalam sehari dapat menyelesaikan paling tidak dua pekerjaan,” ungkapnya. Pihaknya berharap bahwa budaya 5-S kiranya dapat bermanfaat di pada diri sendiri, masyarakat, organisasi maupun pemerintah dalam melaksanakan tugas keseharian untuk mencapai produktifitas.

Baca Juga :  Lomba Kelurahan, Tomalaou Raih Juara 2 Tingkat Nasional

Pelaksanaan kompetisi 5-S dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Sultra, H. Saemu Alwi, SE, MM, yang mengapresiasi pelaksanaan kompetisi 5-S yang baru pertama kali dilaksanakan di Sultra. “Kegiatan ini sangat relevan dengan misi pemerintah provinsi Sultra yaitu Sultra cerdas dan Sultra berbudaya, semoga dengan kompetisi ini muncul kesadaran diri untuk mempraktekan komitmen budaya 5-S dalam kehidupan kerja sehari-hari,” harapnya.

Tiga orang dewan juri kompetisi 5-S yaitu Mula Mappanganro sebagai juri ketua, M. Zuhri Rustan dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), dan Verry Fahruddin instruktur 5-S.

Saemu Alwi bersama Andi Asriani Koke

Adapun kriteria penilaian kompetisi 5-S antara lain penguasaan materi, isi presentase, kekompakan tim, ketepatan waktu, keserasian dan makna yel-yel. “Implementasi 5-S ini dilapangan tidak boleh terpisahkan semua unsur S sangat penting, tidak boleh ada salah satu unsur yang lebih diunggulkan dari unsur S yang lain,” jelas juri ketua kompetisi Nyula Mappanganro yang juga pensiunan BPP Kendari.

Baca Juga :  SDN 4 Wakorumba Selatan Panen Prestasi Di Ajang Olahraga Tingkat Kecamatan

Alur kompetisi, diawali dengan pencabutan nomor urut oleh perwakilan 9 kelompok, penyampaian yel-yel terkait 5-S, pemaparan presentase 5-S, tanya jawab dari peserta dan dewan juri, diakhiri dengan penentuan pemenang kompetisi.

Peserta kompetisi diikuti oleh sembilan institusi yaitu BLK Kendari, Kanwil Hukum dan HAM, Yayasan Hermanto, Koperwan Sultra, Forum UKM-IKM Sultra, Hotel Zenit, KWT Matahari, BPP Kendari, dan Lokha Shabby.

Acara kompetisi turut dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja & Perindustrian Kota Kendari Ir. Benyamin Salemba, Ketua Forum UKM-IKM Sultra H. Abdul Hakim, Ketua Koperwan Sultra Suleha Andi Bahar, S.Pd, M.Pd, Ketua Yayasan Hermanto Dra. Maryam, SH, MH.

Reporter : WA Ode Deli Yusniati

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :