oleh

Mahasiswa KKN Tematik UHO Libatkan Forum UKM-IKM Sultra

Faktual.Net, Kendari, SultraKuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) tahun 2020 kali ini, digelar beda dari tahun sebelumnya, yaitu melibatkan para pelaku usaha, serta tidak berinteraksi langsung di masyarakat akibat wabah pandemi Covid-19. Fakultas Ekonomi – UHO menggandeng Forum Usaha Kecil Menengah – Industri Kecil Menengah (UKM-IKM) Sultra, guna memberikan sosialisasi kewirausahaan kepada mahasiswa KKN tematik Covid-19 ini, melalui metode daring, pada Jum’at 24/7/2020.

Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (IESP) Fakultas Ekonomi UHO Dr. Tajuddin, SE., M,Si selaku pembimbing mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya memberikan kontribusi positif terhadap pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19, olehnya itu KKN mahasiswa UHO tahun 2020, memilih topik KKN Tematik Covid-19, dengan sub topik Fintech Solusi Penanganan Krisis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pada Masa Pandemi di Kota Kendari.

“Kegiatan kami selain sosialisasi kewirausahaan kepada mahasiswa KKN, juga melibatkan pelaku UMKM, terdiri dari 24 orang mahasiswa dan 30 orang pelaku UMKM, yang disampaikan secara daring dengan platform zoom,” ungkap Dr. Tajuddin, SE., M.Si.

Baca Juga :  Kawal Rolling City Bikers, Ini Penekanan Kasat Lantas Polres Gowa

Ditambahkannya, maksud melibatkan para pelaku UMKM agar terjalin interaksi langsung antara mahasiswa KKN dan pelaku usaha, guna menyelaraskan teori di bangku kuliah dan kombinasi pengalaman pelaku usaha di lapangan.

Ketua Forum UKM-IKM Sultra saat memberikan materi secara daring pada mahasiswa KKN Tematik UHO.

Sosialisasi online tersebut, menghadirkan Ketua Forum UKM-IKM Sultra H. Abdul Hakim, SE., M.Si, dengan menyajikan materi Manajemem UMKM di Era Pandemi.

Dosen STIE 66 Kendari tersebut berharap pelaku UMKM dan mahasiswa peserta KKN sebagai calon wirausaha bisa berkreativitas menciptakan peluang usaha, sementara bagi pelaku UMKM ia menghimbau agar mereka harus pandai memanfaatkan peluang yang tersedia dalam kondisi keterbatasan seperti saat ini.

“Era digital, pembeli dan penjual tidak harus saling ketemu, namun keterbatasan itu bisa menciptakan peluang melalui digital marketing. Kebutuhan masyarakat di sekitar kita, bisa menciptakan peluang usaha contohnya sektor kuliner yang tidak pernah ada matinya,” urai H. Abdul Hakim, SE., M.Si, yang juga mantan Manager Kantor Pos Kendari.

Baca Juga :  Deklarasi Kampanye Damai Calon Pemimpin Kota Tidore

Pemateri lain dalam kegiatan KKN Tematik ini, yaitu perwakilan BRI Cabang Kendari Putu Bayu, serta beberapa Dosen Pembimbing dari Fakultas Ekonomi Universitas Haluoleo, yang seluruhnya terlibat dalam pembekalan metode daring, yaitu Dr. M. Natsir, SE., M.Si, Prof. Dr. Muhammad Syarif, SE., MS dan Syamsul Anam, SE., M.Ec., Dev.

KKN Tematik Covid-19 mahasiswa UHO menurut jadwal berlangsung selama satu bulan, dimulai tanggal 12 Juni hingga 12 Juli 2020, namun pelaksanaannya dikondisikan sehubungan adanya wabah pandemi Covid-19, sehingga pihak penyelenggara dalam hal ini Mahasiswa KKN Tematik UHO tetap menggelar kegiatan sesuai kebutuhan mahasiswa.

Reporter: Wa Ode Deli Yusniati.

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :