KPU Wakatobi Buka Pendaftaran Lembaga Pemantau, Survey dan Hitung Cepat

305
Rizal, S.Sos., M.Si (Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumberdaya Manusia) KPU Kabuaten Wakatobi

Faktual.Net, Wakatobi, Sultra. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wakatobi membuka pendaftaran bagi pemantau pemilihan, lembaga Survey dan hitung cepat (Quick Count) pada Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Wakatobi 2020 di Kantor KPU Wakatobi Jalan Pulau Runduma No. 9, Manugela Wangi-Wangi pada Jumat, 1/11/2019.

Hal ini dilakukan untuk mendukung pelaksanaan Pilbup mendatang secara demokratis berdasarkan asas langsung, bebas, rahasia, jujur, dan adil (Luber Jurdil) serta meningkatkan partisipasi masyarakat sebagaimana tertuang dalam Peraturan KPU No. 8 tahun 2017 tentang sosialisasi, pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota.

Rizal, S.Sos, M.Si Koordinator Divisi (Kordiv) Sosdiklih, Parmas & SDM mengungkapkan secara normatif peran dan fungsi lembaga yang dimaksud agar bisa menjembatani kepentingan publik dengan penentu kebijakan di daerah ini terkait informasi kepemiluan.

Baca Juga :  RSUD Syekh yusuf terlantarkan Korban lakalantas

“Tujuan awal sebagai jajak pendapat atau apapun namanya guna mengintip juga mengetahui lebih awal tentang persepsi dan harapan serta evaluasi publik terhadap kebijakan politik serta mengukur apa yang dipikirkan masyarakat” tukasnya pada faktual.net via Whatsapp (WA).

Selain itu, pengumuman yang tertuang dalam surat bernomor : 12/PP.04.3-Pu/7407/KPU-Kab/X/2019 ini juga sebagai fungsi kontrol bagi KPU agar dapat memantau kondisi awal konstalasi masyarakat terkait pilkada. Hal ini juga diharapkan setidaknya bisa mengawal suara dan mengantisipasi kecurangan nantinya.

“Harapan kami lewat rilis ini ada sejumlah lembaga yang ingin berpartisipasi turut mengambil peran dalam menyongsong suksesnya pilkada 2020 mendatang” harapnya.

Kasubag Teknis Pemilu dan Hupmas, Abdul Majid menambahkan “untuk jadwal Pendaftaran Pemantau Pemilihan mulai 1 November 2019 hingga 16 September 2020, sedangkan Pendaftaran Lembaga Survey/Jajak Pendapat dan Penghitungan Cepat dimulai dari tanggal 1 November 2019 sampai dgn 23 Agustus 2020 hal ini sesuai dgn PKPU No. 15 tahun 2019 tentang Program, Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan WakilWalikota tahun 2020” tutup Bung Agasy sapaan akrabnya itu.

Baca Juga :  Sekdes Tamalate Diduga jarang Berkantor Bupati Gowa Diminta Ambil Tindakan

Untuk pendaftarannya bisa langsung ke Kantor KPU Kabupaten Wakatobi di Jalan Runduma Nomor 9 Manugela, Wangi-Wangi pada jam kerja Pukul 08.00 s/d 16.00 Wita.
Adapun syaratnya kami cantumkan gambar dibawah atau bisa akses Peraturan KPU No. 8 Tahun 2017 :

Reporter : La Ode Haeruddin

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :