Kesalahan & Korban Dalam Pemilu 2019 Harus Menjadi Perhatian & Pelajaran Kita

150
Ilustrasi

Opini Ditulis Oleh: Jacob Ereste

Faktual.Net, Jakarta. 600 lebih petugas KPPS pada Pemilu 2019 yang meninggal secara misterius, karena mereka meninggalnya terkesan sangat tidak wajar. Itu pula sebabnya sejumlah pihak meminta para korban yang meninggal dunia itu untuk diotopsi guna mencari tahu apa penyebab dari mereka aneh meninggalnya itu sehingga jadi menarik perhatian banyak pihak untuk mengetahuinya secara lebih terang benderang.

Jika benar ada kesan justru mereka yang meninggal secara tidak wajar itu tidak boleh diotopsi, patutlah jadi menimbulkan kecurigaan yang membuat banyak orang jadi penasaran. Belum lagi jumlah mereka yang sakit hingga informasi terbaru kemarin tercatat lebih dari 3.000 orang jumlahnya. Jadi kalau mereka yang meninggal sulit diungkap keterangannya sekarang, penelitian bisa fokus pada mereka yang sakit itu sekarang.

Jika kasus banyaknya korban yang berjatuhan habis melaksanakan Pemilu 2019 ini dibiarkan tanpa perhatian serius dari pemerintah, tentu kejadian serupa akibatnya membuat banyak orang enggan atau bahkan menjadi takut untuk terlibat dalam kegiatan yang sama pada pelaksanaan Pemilu periode berikutnya.

Baca Juga :  Berharap Pasangan AMAN Dan Nasdem Terus Berlanjut

Penyebab dari kematian para petugas KPPS ini dianggap janggal dan tidak wajar karena terjadi secara beruntun seusai pemilihan suara di lakukan. Banyaknya dari jumlah mereka yang menjadi korban pun sungguh tidak masuk akal. Apalagi alasan kematian mereka itu dikatakan oleh sebagian pihak karena kelelahan.

Klaim kelelahan ini pun yang dikatakan telah mengakibatkan kematian para petugas KPPS itu justru semakin menambah kecurigaan bahwa semua korban harus diteliti kembali penyebab kematiannya. Bahkan mulai dari kronologis atau riwayat mereka selama bekerja di TPS itu patut diurai. Misalnya, apa saja yang mereka lakukan selama berada di lokasi TPS. Lalu apa saja yang mereka makan, dan siapa saja yang mengurus konsumsi atau bertanggung jawab untuk itu.

Baca Juga :  Berharap Pasangan AMAN Dan Nasdem Terus Berlanjut

Sejumlah masalah yang gelap dan muncul secara misterius selama pelaksanaan Pemilu harus diungkap, karena rakyat berhak mengetahui apa sesungguhnya yang terjadi agar kesalahan maupun kekeliruan tidak sampai terjadi lagi dalam pelaksanaan berikutnya pada masa yang akan datang.

Bukankah kita sebagai manusia tidak hendak terkesan seperti keledai yang bisa terperosok dalam lubang yang sama. Enam ratusan lebih orang yang meninggal dan tigaribuan lebih petugas Pemilu yang sakit itu, jelas memberi pelajaran yang mahal bagi siapa saja yang tidak hendak menjadi keledai.

(Opini Diluar Tanggungjawab Redaksi)

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :