Kebun Raya Kendari Potensi Destinasi Wisata Lebah Madu Trigona Di Kota Lulo

137
Kebun Raya Kendari

Faktual.Net, Kendari, Sultra.Lebah Trigona adalah satu dari 4 jenis lebah penghasil madu. Lebah Trigona menghasilkan madu Trigona yang kaya akan Propolis dan kaya anti oksidan. Tekstur madu yang kental dengan kadar air lebih kurang 22 % dan rasa manis bercampur kecut membuat Trigona diminati oleh banyak orang.

Berdasarkan hasil survey Ikatan Lebah Madu Indonesia (ILMI) Sultra, Kebun Raya Kendari punya potensi Trigona yang melimpah. Kepada faktual.net, Wakil Ketua ILMI Sultra Aco Rahman Ismail mengatakan bahwa Kebun Raya Kendari menyimpan potensi madu Trigona yang melimpah. Tentu ini merupakan daya tarik tersendiri bagi pencinta Trigona untuk menjadikan Kebun Raya Kendari sebagai obyek penelitian serta sebagai destinasi wisata Lebah Madu Trigona di Kota Lulo.

Baca Juga :  Rumah Tahfidz Binaan BURHAN KAMIL, butuh perhatian pemerintah Desa Parangloe
Dari Kiri Ke Kanan, Aco Rahman Ismail, Suhardi, Arman Gelo, Sumarlin

Pria pemilik brand Madu Murni “Abu Ken” ini mengatakan bahwa ILMI mengagendakan untuk berkoordinasi ke pemerintah Kota Kendari untuk bermitra merancang sebuah destinasi wisata lebah madu yang bertempat dikawasan hutan Kebun Raya Kendari.

“Keberadaan Lebah Trigona di Kebun Raya Kendari akan menjadi destinasi wisata bagi pencinta lebah madu. Bukan hanya itu, ini juga akan menjadi tempat penelitian bagi sekolah, perguruan tinggi maupun lembaga-lembaga riset yang ingin mempelajari keberadaan lebah Trigona lebih mendalam”, ungkap pria yang akrab disapa Abu Ken.

Aco Rahman Ismail (Abu Ken) di Kebun Raya Kendari

Senada dengan Abu Ken, Arman Gelo pemilik brand Madu Kambaka dan Sumarlin pemilik brand Madu Latoma Old mengatakan bahwa di Kebun Raya Kendari jenis lebah Trigona yang banyak adalah lebah Trigona Biroi. Ciri dari lebah Trigona Biroi adalah Madu yang dihasilkan terasa manis bercampur kecut ringan.

Baca Juga :  Bantu Permodalan dan Legalitas Pelaku Usaha, BPP Kendari Sinergikan Pemprov Sultra dan Perbankan

“Di Kebun Raya Kendari ini, jenis lebahnya adalah Trigona Biroi. Rasa madunya Manis ber campur kecut ringan”, kata Arman Gelo yang ditambahkan oleh Sumarlin bahwa saat ini di Kota Kendari, keberadaan Madu Trigona mulai banyak diminati.

Dari Kiri Ke Kanan : Suhardi, Arman Gelo, Sumarlin di Kebun Raya Kendari

Untuk menjadi informasi bahwa ILMI Sultra berencana untuk merancang destinasi wisata lebah madu dengan menjadikan Kebun Raya Kendari sebagai wilayah percontohan. Untuk itu, dalam waktu dekat ILMI Sultra akan berkoordinasi dengan pemerintah Kota Kendari dan DPRD Kota Kendari untuk membahas agenda tersebut.

Redaksi/Asrun Awey Ali

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :