oleh

KADIN Sultra Gandeng Forum UMKM Business Matching di Jakarta

Faktual.Net, Kendari, Sultra. Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Sulawesi Tenggara menggandeng Forum UMKM-IKM Sultra, dalam Business Matching atau temu bisnis yang diagendakan oleh para pengusaha di Jakarta.

Diskusi persiapan Busines Mathing tersebut dilakukan di Kantor KADIN Sultra, antara pengurus KADIN kabupaten-kota se-Sultra, Forum UMKM dan pengurus KADIN Sultra. Rabu, (11/05/2022).

Pengantar diskusi disampaikan oleh Wakil Ketua KADIN Sultra Sastra Alamsyah, bahwa pihak KADIN DKI Jakarta sudah meminta produk-produk UMKM Sultra untuk dibawa dalam Business Matching yang akan diagendakan dalam waktu dekat.

“KADIN Provinsi Sultra sudah menampilkan produk UMKM Sultra yang akan dibawa, KADIN DKI Jakarta sudah meminta beberapa produk UMKM Sultra yang akan mereka beli,” urai Sastra Alamsyah dalam pemaparan pembukaan diskusi.

Dilanjutkan oleh Sastra Alamsyah, bahwa masalah investasi juga akan dibahas dalam agenda Business Matching tersebut. Direncanakan para pengusaha Jakarta akan melakukan fokus investasinya ke Sulawesi Tenggara.

Masih lanjut Sastra Alamsyah, seperti diketahui saat ini, Sulawesi Tenggara tidak hanya menjadi perhatian Indonesia, namun juga telah menjadi fokus perhatian dunia, dengan hadirnya perusahaan dan pabrik baterai mobil listrik dalam waktu dekat, Mendorong ekonomi UMKM artinya turut memperkenalkan produk Sultra dan memajukan nama daerah Sultra.

Wakil Ketua KADIN Sultra Sastra Alamsyah memberi pengantar jalannya diskusi persiapan agenda Business Matching di Jakarta, antara KADIN DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta, KADIN Sultra, dengan melibatkan produk-produk UMKM Sultra. Kantor KADIN Sultra, Rabu (11/05/2022).

“Fokus investasi mereka ke Sulawesi Tenggara mengenai perikanan, pertambangan, UMKM dan semua produk pertanian kita mereka siap untuk membeli produk kita, itu penegasan dari KADIN DKI, KADIN Jawa Tengah, KADIN Jabar, dan KADIN Jawa Timur,” tegas Sastra Alamsyah.

Sementara itu Ketua Forum.UMKM Sultra menyambut baik agenda Business Matching itu. Menurut H Abdul Hakim Ketua Forum UMKM – IKM Sultra, kolaborasi semacam ini adalah langkah maju dimana KADIN Sultra turut menggandeng pengusaha UMKM-IKM yang tadinya bergerak dan berjuang sendiri dalam menemukan pasar, kini bisa berkolaborasi dengan pengusaha besar dengan fasilitasi yang dilakukan oleh KADIN Sultra.

“Alhamdulillah kami apresiasi langkah KADIN Sultra menggandenkan teman-teman UMKM untuk mempertemukan dengan pengusaha di Jakarta., semoga dapat menambah semangat anggota UMKM, jika perlu berkolaborasi menciptakan industri dari sumber bahan baku yang ada di desa sampai produk siap saji yang sudah diolah dan terkemas menurut standar,” urai H Abdul Hakim.

Pengurus KADIN kabupaten-kota se Sultra turut pula menyampaikan saran dan masukan terkait suksesnya hajatan Business Matching, agar berjalan lancar, dimana ada pelibatan UMKM di kabupaten-kota, serta data-data UMKM tersedia.

Sementara itu Ketua KADIN Sultra Anton Timbang mengakui bahwa salah satu pilar kekuatan ekonomi yang paling bertahan di era pandemi Covid-19 lalu adalah peran serta UMKM dalam menghidupkan roda ekonomi keluarga dan masyarakat, untuk itu UMKM penting mendapat perhatian. Ia pun berkomitmen akan senantiasa melibatkan UMKM dalam setiap iven KADIN Sultra maupun kabupaten-kota. Ajang Business Matching dengan pihak pengusaha di Jakarta adalah salah satu komitmen KADIN Sultra menggerakkan UMKM go publik.

“KADIN Sultra akan membawa produk-produk UMKM ke Business Matching bersama KADIN DKI Jakarta, ini komitmen pelibatan UMKM dalam aktivitas KADIN Sultra,” tegas Anton Timbang.

(DEL)

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :