Jatuhnya Seorang Wirausaha Adalah Awal Dari Sebuah Kebangkitan

87

Faktual.Net, Kendari, Sultra. Seorang wirausaha jangan takut jatuh sebab jatuhnya seorang wirausaha adalah awal dari sebuah kebangkitan. Motivasi tersebut disampaikan oleh Dra. Andi Asriani Koke, MM didepan para pelaku usaha Kota Kendari bertempat di Dragon Iin Hotel pada Rabu siang, 28/8/2019.

“Seorang pelaku usaha jangan takut jatuh, kalau jatuh bangkit lagi. Selain itu yang terpenting bagi pelaku usaha adalah bagaimana memanajemen waktu sebaik mungkin, sebab waktu bagi seorang wirausahawan sangatlah berharga untuk meningkatkan produktivitas”, kata Andi Asriani Koke.

Wanita yang menjabat Kepala UPTP Balai Peningkatan Produktivitas (BPP) Kendari tersebut mengatakan bahwa seorang wirausahawan harus bisa berkreasi dan berinovasi terhadap produk-produknya sehingga calon konsumen akan lebih tertarik dengan produk yang dihasilkannya.

Wanita berhijab tersebut mencontohkan “coba bapak dan ibu lihat penjual kripik dipinggir jalan yang produknya tidàk bermerek, bandingkan dengan kripik diswalayan yang sudah punya merek tentu harga yang diswalayan lebih mahal, padahal rasanya sama”, contohnya.

Ditambahkan lagi oleh Andi Asriani Koke bahwa seorang wirausaha harus bisa memanfaatkan semua ruang dan peluang untuk memasarkan produk yang dihasilkan. Apalagi diera digital saat ini, peluang memasarkan produk melalui media online terbuka lebar.

“Sàat inikan era digital, bisnis online sedang mengalami laju perkembangan yang sangat pesat dibanding bisnis offline, tentu bagi seorang pelaku usaha ini adalah peluang yang besar untuk memasarkan produknya, tetapi dengan catatan produk yang dihasilkan berkualitas dan mampu berdaya saing”, tambahnya.

Dàn yang terpenting bagi seorang wirausaha jelas Andi Asriani Koke adalah harus bisa menerima perubahan. “Trend sebuah produk berubah terus setiap saat, produk yang kita hasilkan tidak boleh stagnan tetapi harus mampu mengikuti perkembangan dan permintaan pasar, makanya seorang usahawan harus bisa berinovasi, berkreasi dan mengembangkan diri, kata kuncinya adalah jangan merasa tenang berada di zona nyaman”, pungkasnya.

UPTP BPP Kendari saat ini sedang giat-giatnya melakukan training peningkatan produktivitas bagi pelaku usaha di Kota Kendari dan wilayah-wilayah yang menjadi tugas binaan BPP Kendari. Ini semua sebagai perwujudan dari Nawacita Presiden Jokowi untuk mewujudkan Indonesia Hebat dengan semboyan kerja, kerja, kerja!

Reporter :  Aco Rahman Ismail

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :