Jalin Kemitraan Dengan Pesantren, LPPM Unesa Gandeng Ponpes Lirboyo Kembangkan Produk Unggulan Santri

63

Faktual.Net, Kediri. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyrakat (PKM) merupakan sebuah keharusan bagi perguruan tinggi sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma. Universitas Negeri Surabaya (Unesa) terus meningkatkan layanan kepada masyarakat melalui pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas.

Mulai tahun 2019, Universitas Negeri Surabaya menggandeng pondok pesantren sebagai mitra dalam melaksanan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu mitra yang digandeng adalah pondok pesantren Lirboyo yang terletak di sebuah desa Lirboyo Mojoroto, Lirboyo, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur.

Pelatihan yang diberikan adalah peningkatan jejaring pemasaran produk unggulan pesantren melalui pemanfaatan teknologi informasi. Adapun tim yang memberikan pelatihan adalah Dosen Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Unesa yang diketuai oleh Moch. Khoirul Anwar dengan anggota Tony Seno Aji, Hendry Cahyono, Ahmad Ajib Ridlwan, dan Ach. Yasin.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk workshop yang dilaksanakan pada hari Rabu, (11/9) di Aula Pondok Pesantren Lirboyo dengan melibatkan seluruh pengelola Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP) yang berjumlah 40 orang. Materi yang diberikan adalah mengenai Strategi Pemasaran Syariah, Editing Foto Produk, Membuat Video Pendek dan Pemasaran Melalui E-Commerce.

Menurut Khoirul Anwar, alasan dilaksanakan kegiatan ini adalah Ponpes Lirboyo memiliki beberapa unit usaha, diantaranya pengolahan daur ulang sampah, depo air minum, pengolahan roti, unit pengolahan sampah, souvernir khas pondok pesantren, konveksi, baju dan sarung. Namun pemasaran produk hanya di lingkungan pondok pesantren.

“Melalui teknologi informasi, harapannya, produk unggulan santri ini bisa menembus pasar nasional mengingat alumni pondok pesantren Lirboyo tersebar di seluruh penjuru nusantara. Oleh karenanya kami buatkan E-Commerce berupa toko online lirboyoshop.com dengan tagline belanja mudah, murah, dan berkah,” terangnya. Rabu, (11/9/2019).

Senada dengan Khoirul, perwakilan pondok pesantren Gus A. Zaki Fikruhu berharap, dengan adanya lirboyoshop.com produk unggulan santri mampu menjangkau pasar nasional mengingat Lirboyo memiliki alumni yang tersebar di seluruh penjuru tanah air.

Dalam sambutannya, Gus Zaki menyampaikan terimakasih kepada pihak Unesa dan berharap kepada para pengelola usaha pesantren dapat memanfaatkan peluang ini dengan serius.

Sementara itu, Nur Kholis selaku Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat LPPM Unesa berharap kegiatan ini terus berkelanjutan.

“Kegiatan PKM tidak boleh berhenti pada pelatihan saja namun harus dilaksanakan pendampingan secara berkelanjutan sehingga mitra benar benar bisa mandiri dan lebih produktif,” tandasnya. (ari)

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :
Baca Juga :  BRI KC Sam Ratulangi Kendari Adakan Pelatihan 10.000 UMKM