Gandeng Pesantren Lirboyo, Dosen Jurusan Ilmu Ekonomi Unesa Luncurkan E-Commerce Lirboyoshop.com

37

Faktual.Net, Kediri. Sebagai bentuk aplikasi Tri Dharma, Dosen dari Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya (IE FE Unesa) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Pesantren Lirboyo yang terletak di sebuah desa Lirboyo Mojoroto, Lirboyo, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk workshop yang dilaksanakan pada hari Rabu (11/9) di Aula Pondok Pesantren Lirboyo dengan melibatkan seluruh pengelola Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP) yang berjumlah 40 orang.

Adapun tim yang memberikan pelatihan adalah Dosen Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Unesa yang diketuai oleh Moch. Khoirul Anwar dengan anggota Tony Seno Aji, Hendry Cahyono, Ahmad Ajib Ridlwan, dan Ach. Yasin.

Menurut Hendry Cahyono, pelatihan yang diberikan kepada para santri yang mengelola usaha pesantren adalah peningkatan jejaring pemasaran produk unggulan melalui pemanfaatan teknologi informasi.

“Adapun materi yang diberikan adalah mengenai Strategi Pemasaran Syariah, Editing Foto Produk, Membuat Video Pendek dan Pemasaran Melalui E-Commerce,” ungkap Hendry saat dihubungi via Whats App. Rabu, (11/9/2019).

Sementara itu, Ahmad Ajib Ridlwan menjelaskan, materi tentang tata cara menggunakan E-Commerce lirboyo.com sebagai situs belanja online pesantren Lirboyo.

Harapannya, seluruh produk unggulan santri yang meliputi depo air minum, pengolahan roti, unit pengolahan sampah, souvernir khas pondok pesantren, koveksi, baju dan sarung dapat dipasarkan melalui situs ini sehingga produk unggulan santri ini bisa menembus pasar nasional mengingat alumni podok pesantren Lirboyo tersebar di seluruh penjuru nusantara,” ujar Ajib.

Tony Seno Aji yang hadir sebagai narasumber kegiatan menjelaskan tentang disrupsi inovasi, merupakan peluang sekaligus tantangan bagi pelaku usaha. “Para pelaku usaha harus melakukan perubahan strategi pemasaran dari offline menuju pemasaran online,” tuturnya.

Senada dengan Tony, Ach. Yasin juga menjelaskan, pentingnya strategi pemasaran Syariah mengingat usaha ini dikelola oleh pesantren. Selain itu, Yasin menegaskan, pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam pemasaran. (ari)

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :
Baca Juga :  KPK RI Tetapkan IMR (Mempora 2014-2019) Sebagai Tersangka Dugaan Suap Penyaluran Bantuan Kepada KONI TA 2018