Idul Qurban Sebagai Simbol Taqarrub Ilallah

33

Faktual.Net, Kendari. Sultra. Takarrub ilallah artinya mendekatkan diri kepada Allah dengan menjalankan kewajiban-kewajiban yang telah ditetapkan-Nya. Kalimat ini adalah potongan isi khutbah Idul Adha 10 Djulhijjah 1440 H / 2019 M, yang disampaikan oleh Drs. H. Sofyan. Sulaeman, MM, sebagai rangkaian melaksanakan shalat Idul Adha hari ini, pada Ahad, 11/8/2019 bertempat di masjid Raya Al Kautsar Kendari.

Tetapi saat ini tidak sedikit orang memaknai taqarrub ilallah dengan dengan pengertian yang sempit, seperti shalat, puasa, haji dan zakat. “Sementara itu, pelaksanaan ajaran Islam dalam interaksi antara manusia dengan manusia seperti mu’amalah, akhlak umat berkaitan dengan makanan, malbusaat berkaitan dengan pakaian, uqubat dianggap bukan bagian dari taqarrub ilallah,” lanjut isi khutbah Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Qari-Qariah dan Hafizh-Hafizhah-Ipqah tersebut. Hal ini disebabkan karena pengaruh paham sekulerismi yang membatasi agama hanya hubungan pribadi manusia dengan Tuhannya.

Baca Juga :  SDN 4 Wakorumba Selatan Panen Prestasi Di Ajang Olahraga Tingkat Kecamatan

Pelaksanaan shalat Idul Adha 1440 H / 2019 M yang bertempat di masjid Raya Al Kautsar, turut dihadiri oleh gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H.Alimazi, SH  beserta keluarga. Dalam pengantar sebelum shalat Idul Adha, orang nomor satu di Sultra itu menyampaikan ucapan selamat merayakan hari raya qurban. Selanjutnya dilanjutkan dengan pembacaan tuntunan shalat Idul Adha yang  disampaikan oleh Ustadz Subianato, S.Si.

Baca Juga :  Mastri Susilo "Sultra Harus Merdeka Dari Mal Administrasi"

Usai rangkaian pelaksanaan shalat Idul Adha, dilakukan penyerahan hewan qurban yang berasal dari Presiden Republik Indonesia Ir. H Joko Widodo yang wakili oleh gubernur Sultra kepada pondok pesantren gontor putri dan penyerahan hewan qurban dari gubernur Sultra kepada pengurus masjid Raya Al Kautsar Kendari, bertempat di halaman belakang masjid Raya Al Kautsar.

Adapun jumlah hewan qurban yang sempat tercatat oleh panitia hari raya qurban tahun ini berjumlah 120 ekor sapi dan 20 ekor kambing, dimana penyembelihannya tersebar di wilayah Sultra.

Reporter : Wa Ode Deli Yusniati

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :