Hadiri Rakornas Pengendalian Inflasi, Ali Mazi “Pemda Sultra Wajib Awasi Laju Pertumbuhan Ekonomi”

48

Faktual.Net, Jakarta. Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, SH., menghadiri rapat koordinasi nasional (rakornas) Pengendalian Inflasi bersama bupati dan walikota se-Sultra di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta pada Kamis, 25/7/2019. Rakornas ini diawali dengan pemberian penghargaan “TPID AWARDS 2018” kepada insan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang memiliki kinerja terbaik, baik provinsi, kabupaten maupun kota.

Acara pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, yang didampingi oleh Menko Perekonomian, Dr. Darmin Nasution, dan Gubernur BI, Perry Warjiyo.

Rakornas Pengendalian Inflasi diselenggarakan setiap tahun sebagai bagian sinergi antara pemangku kebijakan terkait pengendalian inflasi, baik tingkat pusat maupun tingkat daerah. Rakornas ini merupakan langkah strategis yang dilakukan secara terpadu untuk memitigasi berbagai tekanan inflasi yang dihadapi daerah.

Baca Juga :  Hebat, Desa Bontomanai Dikunjungi Perwakilan Kementrian Pertanian RI

Selama 4 tahun berturut-turut, pencapaian sasaran inflasi nasional telah berkontribusi positif dalam menjaga daya beli masyarakat dan menopang pertumbuhan ekonomi nasional.

Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi, SH (berambut putih) saat pembukaan Rakornas.

Rakornas Pengendalian Inflasi tahun ini mengangkat tema “Sinergi dan Inovasi Pengendalian Inflasi untuk Penguatan Ekonomi yang Inklusif”. Tema ini diangkat dengan kesadaran bersama bahwa di tengah realisasi inflasi tahun 2018 yang terkendali, yaitu di level 3,13 % (YOY), masih terdapat berbagai tantangan dalam pengendalian inflasi daerah.

Tantangan yang mengemuka antara lain berkaitan dengan masih rentannya pergerakan harga komoditas pangan strategis yang dipengaruhi oleh faktor kesinambungan pasokan pangan antarwaktu dan antarwilayah. Untuk menghadapi dan mengatasi tantangan tersebut diperlukan strategi pengendalian inflasi, khususnya inflasi pangan, melalui kerangka 4K yakni Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif.

Baca Juga :  Hebat, Desa Bontomanai Dikunjungi Perwakilan Kementrian Pertanian RI

Terkait Rakornas tersebut, Gubernur Ali Mazi menyatakan bahwa pemerintah daerah (pemda) Sultra diwajibkan untuk selalu mengawasi laju pertumbuhan ekonomi disemua sektor, diantaranya pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, jasa konstruksi, dan lainnya.

“Seluruh sektor harus berjalan cepat dan tepat namun terkontrol terhadap perputaran daya saing ekonomi baik masyarakat maupun swasta, sehingga daerah Sultra menjadi maju dan berkembang, mampu membangun kepercayaan terhadap nilai inflasi agar terukur, terjaga dan stabil setiap tahun, tentunya dengan pendampingan Bank Indonesia perwakilan Sultra”, ungkap Gubernur sesaat setelah mengikuti kegiatan Rakornas.


Reporter : La Ode Subroto/Kominfo Sultra

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :