Geliat Indo Nilkaz dalam Pilot Project Udang Vanamei di Desa Oneeha

21

Faktual.Net, Kolaka, Sultra. Untuk merangsang para pembudidaya Udang Vanamei, terutama kelompok tani tambak pembudidaya udang vanamei di Kabupaten Kolaka, Juli nanti, Indo Nilkaz Grup bersama dengan PT.Mina Maritim Indonesia akan melaksanakan program Quality Control yang menjadi terobosan terbaru yang di terapkan dalam pilot project indo nilkaz untuk menguasai beragam standar international seperti ISO 22000, ISO 9001, ISO 14001, HACCP, GMP, SSOP, BRC, dan standar lainnya. Proses pelatihan dalam pilot project ini, guna mencapai pekerjaan dengan teliti, cermat dan cepat dalam mengambil keputusan serta harus mampu berkolaborasi dengan Tim lainnya, ” Ucap Manager PT Mina Maritim Indoenesia ,(Senin,13/5/2019).

Pada kesempatan itu juga di jelaskan pada musim September nanti pihaknya akan melakukan penebaran benur udang vanamei di desa oneeha sebagai percontohan budidaya, yg telah di dukung oleh Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Di tempat lain, Koordinator sekaligus Volunteer dari Kelompok Tani Tambak di Desa Oneeha, Ruslan menerangkan maksud dan tujuan pilot project tersebut dalam rangka merangsang pembudidaya udang vanamei, karena dia menilai giat kelompok tani tambak dalam pembudidaya udang vanamei di wilayah kerjanya masih kurang antusias.

“Kurangnya minat pembudidaya udang vanamei itu terkendala harga pakan yang semakin tinggi. Makanya kita menstimulan mereka untuk bergiat kembali tastenya dalam budidaya udang vanamei di area lahan tambak Pilot Project Indo Nilkaz ,” ungkap Ketua IKM Bumdes Desa Oneeha tersebut.

Beliau juga mengharapkan dan mengajak kepada seluruh kelompok tani tambak, agar bersatu dan mengikuti proses kegiatan tersebut, Untuk anggaran program ini, jika berhasil menurut Ruslan nantinya akan memberikan fasilitas budidaya berkelanjutan, BUMDES Oneeha, akan membeli hasil panen yg nantinya akan di ekspor oleh PT Mina Maritim Indonesia. “Jadi kita harus menata kembali dan menyesuaikan programnya mana yang ditambahkan di PAK nanti. Sebab, kita menginginkan kegiatan ini dapat menguntungkan masyarakat di Desa Oneeha,” terangnya.

Dalam hal ini, program budidaya udang vanamei, sesuai dengan visi misi yang diusung Kepala Desa Oneeha, tersebut. Dalam mengentaskan kemiskinan dan peningkatan pendapatan perekonomian masyarakat di desa Oneeha. sebagai percontohan budidaya udang vanamei tersebut.

Reporter: Wa Ode Deli Yusniati

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :