oleh

Flora ULTRABASA Hiasi Kebun Raya Kendari

Faktual.Net, Kendari, Sultra. Tema dari Kebun Raya Kendari adalah ULTRABASA. Hal tersebut disampaikan oleh Abdul Gafar, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebun Raya Kendari kepada faktual.net pada Selasa sore, 25/8/2019 di Taman ULTRABASA, Kebun Raya Kendari.

Abdul Gafar menjelaskan, ULTRABASA adalah tanaman tertentu yang tumbuh ditanah yang banyak mengandung mineral dan bahan tambang. Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan provinsi yang kaya akan mineral dan bahan tambang, salah satunya adalah nikel.

“ULTRABASA adalah tanaman tertentu yang hanya tumbuh ditanah yang mengandung mineral”, jelas Abdul Gafar dengan menambahkan bahwa beberapa flora yang menghiasi Kebun Raya Kendari berasal dari Tanjung Peropa dan Tanjung Amolengo Kabupaten Konawe Selatan.

Endemik ULTRABASA di Kebun Raya Kendari

Abdul Gafar menjelaskan lebih rinci bahwa karena Kebun Raya Kendari bertemakan ULTRABASA, maka seluruh flora di Indonesia yang berasal dari daerah – daerah ULTRABASA bisa didatangkan dan dikembangkan di Kebun Raya Kendari begitupun sebaliknya, flora ULTRABASA Sultra bisa dipindahkan ke daerah lain yang sifat tanahnya mengandung mineral.

Pria yang diamanahkan mengelola Kebun Raya oleh Pemerintah Kota Kendari tersebut menambahkan bahwa sebagai kawasan edukasi dan konservasi, Kebun Raya Kendari menargetkan bahwa akan ada pertukaran flora dengan Kebun Raya lain di Indonesia terkait endemik – endemik tertentu guna memperkaya endemik Kebun Raya Kendari.

Namun ungkapnya, untuk saat ini belum, sebab saat ini pihaknya masih fokus mengeksplor endemik lokal yang asli endemik Sultra seperti temuan flora di Tanjung Peropa dan Tanjung Amolengo. Kalaupun ada yang dari luar Sultra, itu pihaknya datangkan dari Kebun Raya Bogor.

Baca Juga :  Galang Joky Resmi Memimpin Bumdes Berutallasa
Madu Murni Abu Ken di Taman ULTRABASA Kebun Raya Kendari

“Belum ada endemik lokal yang kami pindahkan keluar Sultra sebab saat ini Kebun Raya Kendari kembali masuk tahap pembangunan. Ada 3 gedung lagi dibangun : gedung edukasi, gedung konservasi dan wisma”, kata Abdul Gafar.

Baca Juga :  Modus Di Janjikan Menerima Pensiunan Veteran, IRT Asal Gowa Ditahan

“Perencanaan kedepan untuk Kebun Raya sangat banyak, bukan hanya memperkaya endemik ULTRABASA yang ada, tetapi pemanfaatan potensi lain misal : aliran sungai kecil yang ada dikawasan Kebun Raya bisa kami rancang jadi arena arum jeram mini”, pungkasnya.

Kebun Raya Kendari adalah Kawasan Hutan dengan peruntukan khusus seluas 96 Hektar. 16 Hektar Hutan Lindung dan 80 Hektar Hutan Produksi.

Reporter : Aco RI

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :