oleh

Dr.Eng, Sudarsono : Wastafel Portable Mikrokontroler Arduino Persembahan Mahasiswa UHO bagi Warga Kendari

Faktual.Net, Kendari, Sultra. Salah satu hasil karya anak – anak mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) yang tergabung sebagai peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Corona Virus Disease 2019 (Covid – 19) Tim 75 di kelurahan Lahundape, kecamatan Kendari Barat, kota Kendari, provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) adalah Wastafel Portable Dengan Keran Air Otomatis Menggunakan Mikrokontroler Arduino.

Dr. Eng. Sudarsono, ST., M.Eng selaku ketua Tim Dosen pembimbing yang beranggotakan Muhammad Hasbi, ST.,MT, Budiman Sudia, ST., MT, Al Ichlas Rahman, ST.,M.Eng, Irma Nurjannah, ST.,MT dan Nanang Endrianto, ST.,M.Eng mengatakan bahwa wastafel ini sebagai persembahan Universitas Halu Oleo (UHO) kepada warga Lahundape secara khusus dan warga kota Kendari secara lebih luas.

Cono sapaan akrab Sudarsono berharap agar keberadaan wastafel tersebut bisa menjadi Prototype bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari untuk kemudian diproduksi secara massal guna pemanfaatan pada ruang – ruang publik.

Baca Juga :  Dandim 0736/Batang Lakukan kunjungan Dan Pantau Penerapan Prokes

Cono menambahkan bahwa di era Normal Baru saat ini, masyarakat telah diberikan ruang oleh pemerintah untuk kembali mendatangi ruang-ruang publik semisal taman, pusat perbelanjaan, tempat ibadah, perkantoran. Tentu semuanya itu boleh dilakukan dengan standar pada protokol kesehatan. Salah satu sarana pendukung dari protokol kesehatan adalah adanya wastafel di ruang publik.

Dr. Eng, Sudarsono, ST, M.Eng (Wakil Dekat III Fakultas Teknik UHO)

Cono menjelaskan bahwa kelebihan dari wastafel buatan anak didiknya adalah sistem pengoperasiannya tidak manual lagi tapi menggunakan sensor sehingga tidak perlu lagi ada kontak antara pengguna dan alat.

“Kelebihan dari wastafel portable buatan mahasiswa UHO ini adalah keran otomatis, on off nya berdasarkan sensor gerakan tangan jadi tidak perlu lagi ada kontak tangan langsung ke alat dan ini tentu akan sangat efektif sebagai salah satu upaya meminimalisir penyebaran Covid – 19 via benda”, kata Sudarsono kepada jurnalis faktual.net pada Ahad, 20/7/2020 di Kendari.

Baca Juga :  Dandim 0736/Batang Bersama Jajaran Hadiri Pengajian di Ponpes Roudlotul Muta'Allimin

Pria yang menjabat wakil Dekan III Fakultas Teknik, UHO ini mengatakan bahwa keuntungan lain dari keberadaan wastafel ini adalah hemat air, hemat listrik dan dapat dipindahkan kemana – kemana karena portable.

“walaupun alat ini menggunakan listrik karena sistem geraknya adalah sensor, tapi kita tidak perlu khawatir sebab adik-adik mahasiswa telah merangcang agar listrik yang digunakan hemat, selain itu keluarnya air di keran telah diatur otomatis stagnan sehingga volume air yang keluar akan lebih teratur dan hemat. Ini semua kami persembahkan untuk warga Kendari”, tutup dosen Teknik Mesin ini.

Reporter : Aco RI

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :