oleh

DPD Wahdah Islamiyah Gowa Gelar Tarbiyah Gabungan di Mesjid Syuhada 45

Faktual.Net, Gowa, SulselDewan Pimpinan Daerah (DPD) Wahdah Islamiyah Gowa gelar tarbiyah gabungan antara Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Barombong  dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pallangga di Mesjid Syuhada 45 Bontopajja Kelurahan Lembang Parang, Kecamatan Barombong, Rabu (24/11/2021) pukul 20:00 wita sampai selesai.

Tarbiyah gabungan yang dihadiri oleh kalangan Ta’rifiyah, Takwin, dan Tanfidz DPC Pallangga dan DPC Barombong dengan tema “Ukhuwah Kuat Perjuangan Hebat” yang dibawakan oleh Ustadz Agus Balla.S.Pdi.

Dalam materinya, Ustadz Agus Balla memaparkan bagaimana merajut ukhuwah dalam liqo’ tarbawi seperti yang dijelaskan dalam surah Ali Imran 3:103

وَاعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللّٰهِ جَمِيْعًا وَّلَا تَفَرَّقُوْا ۖوَاذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ اِذْ كُنْتُمْ اَعْدَاۤءً فَاَلَّفَ بَيْنَ قُلُوْبِكُمْ فَاَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهٖٓ اِخْوَانًاۚ وَكُنْتُمْ عَلٰى شَفَا حُفْرَةٍ مِّنَ النَّارِ فَاَنْقَذَكُمْ مِّنْهَا ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اٰيٰتِهٖ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَ

Baca Juga :  5 Kepala Keluarga Terancam Dibongkar dan Diusir Akibat Beda Pilihan

Dan berpegangteguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliah) bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara, sedangkan (ketika itu) kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah, Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhari dalam hadits sahihnya, dari ‘Abdullah bin ‘Umar, “Muslim itu adalah saudara muslim yang lain, jangan berbuat aniaya dan jangan membiarkan melakukan aniaya. Orang yang membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah membantu kebutuhannya.

Baca Juga :  Kabid Humas Polda Banten Simulasi Teori SWOT Saat Apel Pagi

“Orang yang melonggarkan satu kesulitan dari seorang muslim, maka Allah melonggarkan satu kesulitan di antara kesulitan-kesulitannya pada hari Kiamat. Orang yang menutupi aib saudaranya, maka Allah akan menutupi kekurangannya pada hari Kiamat.” (HR. Bukhari).

Dalam hadits nabi yang lain diriwayatkan dalam Muslim dan Abu Ad-Darda’ mengatakan, “Apabila seorang muslim mendoakan saudaranya yang gaib, maka malaikat berkata “Amin dan semoga kamu pun mendapat seperti itu.” (HR. Muslim & Abu Ad-Darda’).

Laporan: Tim Media

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :