oleh

Dituding Pungli, Bandara Halu Oleo: Penumpang Batal Berangkat Sebab Belum Vaksin Boster

Ketgam: Bandara Haluoleo Sulawesi Tenggara.

Faktual.Net, Kendari Sultra — Seorang oknum pegawai Bandara Halu Oleo Kendari inisial R diduga lakukan pungutan liar (Pungli).

Hal itu diungkapkan oleh Riyan Iryawan, penumpang yang akan melakukan penerbangan menuju Kota Makasar, Senin (21/11/2022).

Ia mengaku dirinya ditahan karena belum melakukan vaksin booster sehingga dia batal berangkat ke Makassar.

“Saya beberapa kali melakukan penerbangan mulai dari Jakarta ke Makasar, Makasar ke Kendari, saya cuma membawa kartu vaksin kedua, tapi tidak dipersulit, “ungkapnya.

Dikonfirmasi, Kordinator Avsec Bandara Halu Oleo, Alam membantah tudingan tersebut. Ia menjelaskan, penumpang tersebut (Riyan) tidak diberangkatkan karena berdasarkan keputusan dari pihak KKP kesehatan Bandara Halu Oleo dianggap tidak memenuhi syarat penerbangangan.

“Kami sampai saat ini tindakan melakukan Pungli apalagi menyusahkan masyarakat tidak pernah,” Jelasnya selasa (22/11).

Humas Bandara Udara Halu Oleo Kendari Nurlansah dalam klarifikasinya membantah atas tudingan adanya dugaan Pungli yang di alamatkan kepada oknum pegawai Bandara Halu Oleo pada Sabtu (21/11/22)

Ia benar ada salah satu penumpang yang keberatan karena tidak jadi terbang sebab penumpang tersebut belum vaksin Boster. Sehingga pihak pegawai Bandara mengarahkan penumpang tersebut untuk ke KKP (Karantina Kesehatan Pelabuhan) dulu lakukan Boster, ” ucap Nurlansah Humas Bandara Halu Oleo Kendari pada Rabu (23/11/2022).

“Jadi atas tuduhan yang dialamatkan ke oknum pegawai Bandara itu adalah tidak benar,” tutur Humas Bandara Halu Oleo Kendari.

Sementara itu, Ryan di hubungi melalui sambungan telephone mengatakan bahwa dia melakukan Reschedule penerbangan ke esokan harinya di bandara Halu Oleo terbang ke Makassar, setelah melakukan vaksin Boostrler.

”Jadi miskomunikasi yang terjadi kedua belah pihak sudah clear dan tidak ada lagi masalah hanya miskomunikasi saja,” ungkapnya.

Ditempat terpisah orang tua Ryan juga sudah membenarkan bahwa permasalahan antara anaknya dan pihak bandara sudah diselesaikan dan hanya kurang miskomunikasi.

“Anak saya dan pihak bandara sudah tidak ada lagi masalah dan hanya miskomunikasi saja,” tutup Sutamin ayah dari penumpang tersebut. (Red).

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :