oleh

Demi Kestabilan Pangan di Konsel, Surunuddin Dangga Harap DAK Pertanian Tetap Disalurkan

Faktual.Net, Konsel, Sultra. Dalam rangka menjaga kestabilan pangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) berharap kepada pemerintah pusat agar anggaran dana alokasi khusus (DAK) tetap disalurkan ditengah mewabahnya Viruscorona Disease 2019 atau Covid-19.

Harapan ini disampaikan langsung Bupati Konsel) Surunuddin Dangga ST MM kepada Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo saat melakukan Video Confrence (Vicon) menteri pertanian (mentan) RI mengenai ketersediaan pangan ditengah pandemi covid-19 yang digelar di lahan persawahan Kelurahan Andoolo, selasa (14/4/2020).

“Kami ada permohonan, kiranya DAK pertanian jangan dutunda, melalui pak mentan untuk disampaikan ke menteri keuangan. Karena ini sangat urgen untuk kepentingan masyarakat,”kata Surunuddin dalam vicon tersebut.

Dia menjelaskan, kebutuhan pangan merupakan salah satu cara pemda untuk melawan virus covid-19. Menjaga kestabilan pangan akan membantu masyarakat tehindar dari ancaman virus yang bisa mempengaruhi semua aspek kehidupan warga. Olehnya itu, Surunuddin berharap agar permintaan itu dapat dipertimbangkan oleh kemetrian terkait.

Baca Juga :  Kasubdit Pemulihan Dan Peningkatan Perumahan BNPB RI Kuker Di Tidore

“Kami berharap pemerintah pusat dapat mempertimbangkannya,” harapnya.

Dalam vicon bersama beberapa Bupati di Indonesia, Pemkab konsel memastikan stok ketahanan pangan masi aman hingga enam bulan kedepan.

Berdasarkan data tim teknis pertanian di daerah itu, dari bulan Oktober 2019 hingga Maret 2020 luasan padi siap panen mencapai 17.280 hektar. Dengan prediksi produksi pangan mencapai 8.069,7 ton beras per April 2020.

“Daerah kita saat ini masuk awal panen, dan puncaknya bulan Juni. Sekarang yang di panen adalah yang ditanam bulan Januari lalu,” ucapnya.

Baca Juga :  BKKBN Butur Program Kampung KB, Abu Hasan: Daerah Ini Ditentukan Generasi Saat Ini

Ia menerangkan, jika ditotal masa tanam dari Januari 2020 hingga bulan Juni, luas tanam padi sawah Konsel mencapai 17.243 Hektar. Dengan proyeksi produksi beras selama enam bulan kedepan mencapai. 37.374,1 Ton beras.

“Dengan jumlah ini Konsel masih tetap surplus beras meskipun ditengah pandemi Covid-19. Untuk total kebutuhan konsumsi beras pertahun kita mencapai 34.733,85 ton. Berarti kita surplus 2.640, 3 ton, itu baru produksi sampai Juni,” terangnya.

Sebelumnya, pemerintah pusat telah menggelontorkan DAK di daerah itu sebesar Rp9 miliar, namun merebaknya virus corona memaksa kementrian keuangan melalui surat edaran untuk menghentikan sementara pengalokasian dana tersebut.

Reporter: Marwan Toasa

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :