Butur Siap Kawal Eksistensi Pangan

87

Faktual. Net, Kendari Sultra. Bupati Buton Utara Abu Hasan komitmen siap kawal eksistensi ketahanan pangan menuju Indonesia lumpung pangan Dunia. Hal ini diungkapkannya saat ditemui media ini di lokasi pameran Hari Pangan Sedunia (HPS), Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), 2/11/2019.

Komitmen mengawal eksistensi pangan dimaksud, terbukti dari perform stand Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) di HPS dengan menampilkan ragam hasil pertanian dan perkebunan. “Buton Utara tampil berpartisipasi di pameran menampilkan produk unggulan daerah, hampir keseluruhan produk pangan dan turunannya, keseluruhannya dikelola secara organik, pangan organik, minyak murni organik, labu, umbi-umbian dan lainnya,” ungkap Abu Hasan Bupati Butur, yang juga mantan Kabag Humas Provinsi Sultra era Nur Alam.

Baca Juga :  Nilai Pihak IGD RSUD Syekh Yusuf membela diri, Institut Jurnalis Kemanusiaan Ajukan Somasi

Tema HPS, Teknologi Industri Pertanian dan Pangan menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045, diyakini oleh Presidium Korps Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Sultra ini. “Saya yakin tapi harus ada konsepsi bagaimana Indonesia bisa jadi lumpung pangan di dunia. Kami di Butur memberi subsidi optimalisasi lahan, bibit pupuk kepada petani, kami bantu pelindung hama seperti daring, strom hama babi,” ungkap Abu Hasan mengurai implementasi pemerintah Butur terhadap tema HPS.

Dukungan Abu Hasan terhadap sektor pertanian di Butur, bentuk komitmennya mengantisipasi berkurangnya minat masyarakat menjadi petani. Dimana hal tersebut berkaitan pula dengan terjaganya eksistensi kedaulatan pangan nasional.

“Saya kuatir kalau petani dibiarkan jalan sendiri makin hari makin tidak banyak yang mau jadi petani, itu gawat untuk ketahanan pangan nasional,” jelas Abu Hasan.

Baca Juga :  Berita Klarifikasi RSUD Syekh Yusuf Gowa dibantah IJUK

Produk pertanian dan perkebunan organik asal Butur dibawah pemerintan Abu Hasan mulai eksis dan berkembang membawa nama baik Indonesia, melalui partipasi mengikuti iven pameran mancanegara, di malaysia, Australia, Korea, Belanda dan Jerman sebagai pusat organik dunia melalui Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Partisipasi Pemerintah Buton Utara di HPS, selain menampilkan hasil pertanian dan perkebunan organik, juga berpartisipasi menjamu tamu dua daerah yaitu Provinsi Riau dan Lampung.

Pameran HPS berlangsung selama lima hari, tanggal 2 – 5 November 2019, mendatang, berlokasi di pelataran ex MTQ Kendari.

Reporter : Wa Ode Deli Yusniati

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :