oleh

Bupati Konsel Sebut Kolono Timur Banyak Miliki Potensi Unggulan

 

Faktual.Net, Konsel, Sultra. Bupati Konawe Selatan (Konsel), H Surunuddin Dangga ST MM mengatakan Kecamatan Kolono Timur (Koltim) banyak menyimpan potensi unggulan yang perlu ditingkatkan dan kembangkan. Diantaranya pada sektor pariwisata dan pertanian.

Hal tersebut dikatakannya saat membawakan kata sambutan pada kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker) bersama pemerintah Kecamatan Kolono Timur, Sabtu, 7/12/2019.

Kegiatan tersebut turut hadir Wakil Bupati (Wabup) H. Arsalim Arifin SE MSi, Sekretaris Daerah (Sekda), H. Sjarif Sajang, Ketua TP-PKK, dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkab Konsel.

Menurutnya, teluk kolono bakal menjadi destinasi wisata baru di Koltim. Sebab, wilayah tersebut ditopang oleh hutan pohon mangrove yang kondisinya masi terjaga dengan baik berdasarkan hasil penelitian ilmuwan dari Amerika.

“Hasil penelitian Ilmuwan Amerika bahwa kawasan hutan mangrove di teluk Kolono berpotensi besar menjadi destinasi wisata baru karena masi alami dan asri sehingga
butuh sentuhan sedikit saja dari pemerintah dan dipastikan akan banyak wisatawan berkunjung,” katanya.

Olehnya itu, Surunuddin berharap agar warga masyarakat yang berada disekitar wilayah itu bisa secara Bersama-sama menjaga dan melestarikannya dengan tidak membuang sampah di sekitar pantai.

Dia juga menjelaskan, sektor pertanian seperti jambu mete dan kelapa menjadi tanaman unggulan di Koltim. Sebab, meski berada dimusim kemarau, tanaman tersebut masi menghasilkan buah berkualitas.

Meski demikian, sambung Surunuddin, perlu ada pelatihan khusus cara usaha pengelolaan yang baik agar terjadi peningkatan ekonomi masyarakat Koltim.

“Saya janji akan membuat pelatihan kepada ibu ibu untuk membuat usaha mengolah jambu mete dan kelapa secara maksimal dan orang yang melintas dapat membeli hasil usahanya,” katanya.

Reporter: Marwan Toasa

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :