oleh

Buka Mubes I, Wagub Sultra ke Alumni: Program Jangka Pendek Selesaikan Masjid Smansa Kendari

Faktual.Net, Kendari, Sultra. Alumni SMA Negeri 1 Kendari (Smansa Kendari) berkumpul, bermusyawarah, menjalin silaturahmi, membangun solidaritas guna mewujudkan Ikatan Alumni (IKA) Smansa Kendari yang bisa memberi sumbangsih yang bermanfaat bagi bangsa dan negara dan terkhusus bagi provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Andi M Budihard selaku ketua panitia, dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan Musyawarah Besar (Mubes) I dilaksanakan adalah untuk memilih Ketua Umum IKA Smansa Kendari periode 2021 – 2025.

Budi sapaan akrab Andi M Budihard mengatakan bahwa Smansa Kendari lahir tahun 1965, ditahun 2021 ini telah lahir lebih kurang 50 angkatan. Budi juga mengatakan bahwa sumber dana dari kegiatan yang berlangsung di Hotel Claro pada Sabtu, 20 Februari 2021 ini berasal dari sumbangan alumni.

Pada kegiatan yang terlaksana dengan protokol kesehatan ini dan dalam pengawasan Satgas Covid – 19 Provinsi Sultra turut menghadirkan Kepala Sekolah Smansa Kendari baik yang masih aktif yakni Ruslan, S.Pd, MSi maupun mantan Kepala Sekolah. Ruslan, S.Pd,.M.Si sendiri telah menjabat Kepala Sekolah Smansa Kendari sejak Oktober 2020 – sampai sekarang.

Kepala Sekolah yang ke 13 mengatakan bahwa Smansa Kendari saat ini sudah berumur 55 tahun dengan Alumni 50 angkatan. Mantan Kepala Sekolah SMA 4 Kendari ini juga menambahkan bahwa Smansa Kendari saat ini masih menjadi salah satu sekolah rujukan di Kota Kendari.

Dia mengharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa melahirkan sebuah forum atau sebuah lembaga yang benar – benar bisa bersinergi dengan Smansa Kendari. “Keberadaan alumni di Kota Kendari saat ini belum ada sebuah wadah yang benar – benar maksimal untuk mewadahi semua angkatan karena yang ada hari ini alumni hanya berkecimpung dimasing – masing angkatan”, ucap Ruslan.

“Smansa Kendari saat ini telah memiliki lahan 1 hektar. Lahan tersebut adalah eks kantor DPRD Kota Kendari yang telah diserahkan kepada Smansa Kendari untuk dikelola”, ucapnya lagi.

Peserta Musyawarah Besar I Alumni SMA Negeri 1 Kendari

Wakil Gubernur Sultra, Dr. Lukman Abunawas yang juga merupakan Alumni Smansa Kendari angkatan 1975 berpesan kepada peserta Mubes agar jangan mengsangkut pautkan Mubes dengan politik sebagaimana ucapan Profesor. Mahmud Hamundu lewat video rekaman bahwa peserta jangan sekali – sekali bermain politik.

“Tidak boleh ada nuansa politik dalam pemilihan ketua umum pada mubes kali ini”, tegas Dr. Lukman Abunawas. Pria yang akrab disapa LA ini, sangat mengharapkan agar Smansa Kendari sebagai sekolah unggulan bisa bersaing bukan hanya dikancah nasional tetapi sampai ke kancah internasional.

LA mentargetkan agar program jangka pendek dari Mubes I ini adalah masjid Smansa Kendari harus selesai di tahun 2021. Hal ini penting sebab saat ini Smansa Kendari masih menggunakan masjid Fastabikul Khairat yang merupakan milik masyarakat untuk ibadah dan kegiatan keagamaan siswa.

“Saya meminta kepada alumni, agar di Mubes kali ini dipastikan program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Dan untuk program jangka pendek saya mentargetkan agar masjid yang saat ini baru pondasinya selesai agar dituntaskan tahun ini. Dan untuk program ini, saya percayakan kepada Sekretaris Daerah Provisnsi Sultra yang juga Alumni Smansa Kendari untuk menjadi ketua panitia pembangunan masjid”, kata LA.

LA juga menambahkan bahwa organisasi yang terbentuk harus Solid, pengurus harus kompak, jangan baru 3 bulan berjalan sudah gontok – gontokan. Program organisasi harus realistis baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Ketua dan pengurus harus handal, cari calon ketua yang tidak banyak kesibukannya supaya fokus terhadap organisasi. Jangan ketua hanya mementingkan kepentingan angkatannya saja.

Pantauan faktual.net, kegiatan yang berlangsung meriah dengan tetap mengikuti protokol kesehatan turut dihadiri oleh alumni – alumni yang saat ini berkecimpung dipemerintahan baik eksekutif maupun legislatif. Diantaranya Sekda Provinsi Sultra Hj. Nur Endang Abbas, Wakil Walikota Kendari Hj. Siska Karina Imran, Anggota DPRD Provinsi Sultra Aksan Jaya Putra dan banyak lagi.

Reporter : Aco RI

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :