BPP Kendari Beri Pelatihan Peningkatan Produktivitas di Konawe

93

Faktual. Net, Kendari, Sultra. Balai Peningkatan Produktivitas (BPP) Kota Kendari eksis melakukan Peningkatan Produktivitas bagi para pelaku usaha di kawasan Indonesia Timur, kali ini intitusi vertikal Kementerian Ketenagakerjaan RI, Dirjen Pembinaan Pelatihan & Produktivitas, Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) BPP Kendari mengecas masyarakat pelaku usaha di Kabupaten Konawe, melalui Pelatihan Peningkatan Produktivitas Score dan 5-S, yang dibuka langsung oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, bertempat di Kantor Bupati Konawe, Selasa 10/9/2019.

Pelatihan Peningkatan Produktivitas Score dan 5-S bekerjasama dengan organisasi Gerakan Pemuda Kery Saiful Konggoasa, melibatkan 50 orang peserta yang berasal dari unsur pelaku usaha di Kabupaten Konawe, berlangsung selama lima hari dari tanggal10 hingga 14 September 2019. Dalam sambutan dan pembukaannya Kery Saiful Konggoasa, mengungkapkan perlunya pelatihan kepada masyarakat pelaku usaha agar dapat meningkat produktivitasnya dalam mengelola manajamen usaha, serta mengapresiasi kepada BPP Kendari yang telah menfasilitasi terselenggaranya pelatihan ini. “Pelatihan ini sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas masyarakat pelaku usaha. Terimakasih kepada BPP Kendari yang telah menfasilitasi penyelenggaraan pelatihan ini, kegiatan ini akan berkelanjutan dan saya juga akan meng-APBD-kan, program peningkatan produktivitas ini agar dapat diikuti semua elemen,” ungkap orang nomor satu di Kabupaten Konawe itu.

Baca Juga :  Belajar Melantai, Kadis: Saya Minta maaf, Semua Segera Terlayani

Sementara itu Kepala BPP Kendari, Dra. Andi Asriani Koke, MM mengawali pembukaan, mengungkapkan penekanan perlunya peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam mengelola sumberdaya alam sebagai aset daerah secara efektif, efisien dan berkualitas sehingga memiliki daya saing. Orang nomor satu di BPP Kendari yang menaungi kawasan Indonesia Timur tersebut berharap kepada peserta Pelatihan Peningkatan Produktivitas Score dan 5-S, agar ilmu yang diperoleh dari pelatihan dapat diterapkan dalam kehidupan baik di lingkungan diri pribadi, organisasi, maupun di tempat kerja. “Semoga ilmu yang diterima dapat diterapkan dalam aktifitas keseharian dilingkup organisasi, dan tempat kerja,” ungkapnya.

Bupati Konawe Memberikan Piagam Penghargaan Kepada BPP Kendari

Pelatihan Peningkatan Produktivitas Score atau kepanjangan dari Sustaining Competitive and Responsible Enterprise, bertujuan untuk mendukung daya saing pelaku usaha dan perusahaan secara kompetitif dan bertanggungjawab. Ini adalah suatu program bantuan teknis global dari Organisasi Buruh Sedunia atau Internasional Labour Organization (ILO) yang mendukung pelaku usaha dalam menumbuhkan lapangan kerja.

Sedangkan Pelatihan Peningkatan Produktivitas metode 5-S adalah metode teknis produktifitas yang pertama kali diperkenalkan oleh Negara Jepang yang merupakan gabungan lima huruf yang berawalan S, yaitu Seriri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke, atau dalam bahasa Indonesia berarti Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin. Dimana dari penerapan metode 5-S diharapkan dapat menanamkan landasan filosofis produktifitas bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini.
Dalam kegiatan ini turut pula dilakukan penandatanganan kerjasama dalam bentuk MoU antara BPP Kendari dengan Gerakan Pemuda Kery Saiful Konggoasa dalam meningkatkan produktifitas masyarakat di Kabupaten Konawe, dimana pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan RI, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dan BPP Kendari berkomitmen untuk meningkatkan produktivitas usaha.

Baca Juga :  MPC Pemuda Pancasila Maros, Siap Laksanakan Muscab IV

Dipenghujung kegiatan Bupati Konawe memberikan penghargaan kepada Kepala BPP Kendari atas andilnya dalam meningkatkan produktivitas perusahaan di Kabupaten Konawe.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Bupati Konawe, Dirut Operasional BPR Bahteramas Cabang Konawe, Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Konawe yang diwakili Kabid Pelatihan Disnaker Konawe.

Reporter
Wa Ode Deli Yusniati

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :