oleh

Bintang Selatan Juara Baru ISL 2021

Faktual.Net,Tidore.Tim Sepak Bola Bintang Selatan dari Kelurahan Tongowai, Kecamatan Tidore Selatan, sukses meraih gelar Juara baru, dan membawa pulang Piala Istambul Super League (ISL) Kelurahan Tambula, Tahun 2021.

Tim besutan Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammaad Sinen ini, berhasil menaklukan Tim Mitra Tomayou dari Kelurahan Gurabunga, Kecamatan Tidore, lewat drama adu pinalti pada Partai Final yang diselengarakan di lapangan Kelurahan Tambula, Jumat, (14/1/22).

Bintang Selatan dan Mitra Tomayou harus menyelesaikan laga lewat adu pinalti, karena kedua Tim bermain imbang 0-0 hingga pertandingan babak kedua berakhir. Drama adu pinalti itu sukses dimenangkan Bintang Selatan dengan skor 4-3.

Tendangan adu pinalti ditetapkan sebanyak tiga penendang, untuk penendang pertama dilakukan oleh pemain dari Tim Mitra Tomayou, atas nama Fahmi A. Latif yang berhasil membobol gawang Bintang Selatan yang dikawal Riski Basir. Namun mampu dibalas oleh pemain Bintang Selatan atas nama Riland Syah, yang sukses mengecoh penjaga gawang Mitra Tomayou, Mohtar Hasan, sehingga skor kembali imbang 1-1.

Berlanjut ke tendangan kedua, Kiper Bintang Selatan, Riski Basir sempat menjadi pahlawan karena berhasil menggagalkan tendangan Ilham Usman dari Tim Mitra Tomayou. Di tendangan kedua ini, Yusuf Thamrin pemain dari Bintang Selatan dengan mudah menciptakan Gol ke gawang Mitra Tomayou.

Memasuki tendangan ke tiga, Muammar Toduho kembali membobol gawang Bintang Selatan, dan sebagai penendang penentu dari Bintang Selatan, Muammar Ilham gagal melakukan eksekusi. Sehingga skor kembali imbang 2-2.

Wasit akhirnya meminta untuk ditambahkan satu penendang dari masing-masing Tim, kali ini, Andi M. Nur dari Mitra Tomayou dipercayakan untuk melakukan eksekusi, dan ia berhasil mencetak Gol. Namun peluang kemenangan bagi Mitra Tomayou, digagalkan oleh Fadil Faidin penendang dari Tim Bintang Selatan yang juga sukses mencetak Gol ke gawang Mitra Tomayou. sehingga skor menjadi imbang 3-3.

Alhasil ditambahkan lagi satu penendang, kali ini Kiper Bintang Selatan, Riski Basir kembali menjadi Pahlawan, karena berhasil menggagalkan tendangan Jainal Mahifa dari Mitra Tomayou. namun peluang kemenangan bagi Bintang Selatan masih tertunda akibat penendang dari Bintang Selatan atas nama Alvian, gagal mengeksekusi tendangan pinalti.

Selanjutnya Mitra Tomayou kembali melakukan tendangan pinalti, Gafar Hadi kemudian dipercayakan untuk menendang, namun tendangannya dengan mudah dipatahkan oleh Riski Basir, Kiper Bintang Selatan. Kini, M. Ridlan menjadi penentu kemenangan untuk Bintang Selatan, saat melakukan eksekusi, M. Ridlan berhasil menutup kemenangan lewat tendangan kerasnya yang sulit digagalkan oleh Kiper Mitra Tomayou, Mohtar Hasan. Sehingga skor berubah menjadi 3-4 untuk Bintang Selatan.

Penyerahan Hadiah Oleh wakil Walikota Tidore Muhammad Sinen

Berkat kemenangan yang di raih, Bintang Selatan akhirnya keluar sebagai Juara 1, dan membawa pulang Piala ISL Kelurahan Tambula, Tahun 2021, ditambah dengan satu buah piala bergilir, yang disertai dengan Bonus hadiah dari Panitia ISL, Senilai Rp. 10 Juta, dan tambahan uang pembinaan dari Muhmmad Sinen, Wakil Walikota Tidore Kepuluan, senilai Rp. 2,5 Juta.

Dalam laga tersebut, Pemain Bintang Selatan bernomor punggung 10 atas nama Muammar Ilham juga berhasil meraih gelar sebagai Pencetak Gol Terbanyak atau Top Score dengan jumlah 5 Gol Selama pertandingan. Muammar diberikan satu buah Trophy tetap, dan Uang tunai senilai Rp. 500 Ribu Rupiah.

Sementara untuk Juara 2, yakni Mitra Tomayou membawa pulang satu buah Piala tetap, ditambah dengan Bonus Hadiah dari Panitia Senilai Rp. 7 Juta dan tambahan Uang tunai dari Muhmad Sinen, Senilai Rp. 2,5 Juta. Tim Mitra Tomayou, melalui Pemain bernomor punggung 14 atas nama Fahmi A. Latif, juga sukses membawa pulang gelar sebagai Pemain Terbaik, dengan hadiah satu buah Trophy dan Bonus senilai Rp. 500 Ribu.

Selain juara 1 dan 2, dalam laga ISL Kelurahan Tambula juga terdapat Juara 3 bersama yang diraih oleh Tim Taba Tit FC, dari Makeang dan Poldam Fc dari Satpol PP Kota Tikep. Kedua tim ini masing-masing mendapatkan hadiah berupa satu buah Trophy tetap dan Bonus senilai Rp. 5 Juta, serta tambahan uang tunai dari Muhammad Sinen kepada masing-masing Tim senilai Rp. 2,5 Juta.

Rauf Abubakar Ketua Panitia ISL, dalam sambutannya megucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang turut berpartiapasi dalam kegiatan tersebut. Terutama Wakil Walikota Tikep, Muhmmad Sinen, selaku sponsor utama kegiatan ISL Kelurahan Tambula, yang memberikan dana senilai Rp. 30 Juta kepada Panitia Pelaksana. Dukungan dan perhatian Muhammad Sinen menjadi spirit perjuangan Pemuda tambula dalam mensukseskan kegiatan ISL.

Rauf mengaku, pasca kegiatan ISL, Pemuda dan Masyarakat Tambula akan melakukan Penimbunan Lapangan dan pembenahan Infrastruktur penunjang, untuk Keberlangsungan ISL ke depan.

Untuk itu, ia berharap kerjasama dan Perhatian dari Pemerintah Daerah Kota Tikep, agar kiranya Timbunan Lapangan Tambula, dapat diakomodir dalam Batang tubuh APBD Pemerintah Daerah Kota Tikep. Paling tidak, bisa dimasukan melalui APBD Perubahan Tahun 2022. Karena melalui lapangan ini, telah ikut meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi pelaku UMKM, serta menjadi ruang kreasi bagi Pemuda Pelajar Kelurahan Tambula.

Senada disampaikan Wakil Walikota Tidore Kepulaun, Muhammad Sinen, ia memberikan apresiasi kepada Panitia penyelenggara karena telah berhasil mensukseskan agenda ISL. dia mengaku untuk tahun-tahun akan datang, akan selalu bersama-sama dengan Pemuda dan Masyarakat Tambula untuk menyelenggarakan ISL yang telah menjadi agenda tahunan bagi Pemuda Tambula.

“Untuk Tim yang keluar sebagai Juara 1, jangan mudah puas dengan hasil yang diraih, terus bersemangat dan berlatih menjadi yang terbaik. Dan untuk Tim yang belum sempat Juara 1, sesunggunya ini hanyalah keberuntungan yang tertunda. Tetap semangat dan terus berlatih agar kedepannya bisa menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Menyikapi soal permintaan Panitia terkait dengan timbunan lapangan, Wawali kemudian memerintahkan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tikep agar dapat mengakomodir program Timbunan untuk dimasukan dalam Rancangan APBD Perubahan. Sementara terkait jalan lingkar Goya Matiti, Wawali menginstruksikan dua Anggota DPRD dari Fraksi PDIP untuk ikut mengawal Program tersebut.

 

 

Reporter : Aswan

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :