oleh

Akan Mubes Pertama, Alumni Smansa Kendari Telah Melahirkan Tokoh Nasional

Faktual.Net, Kendari, Sultra. Sebagai salah satu lembaga pendidikan menengah atas tertua di Sulawesi Tenggara (Sultra), SMA Negeri 1 Kendari (Smansa Kendari) telah memiliki 40 an angkatan. Selain itu, Smansa Kendari telah melahirkan tokoh – tokoh lokal Sultra bahkan tokoh nasional sekelas Kapolri (baca : Idham Aziz). Diusianya yang sudah sangat dewasa, Smansa Kendari akan mengadakan Musyawarah Besar (Mubes) dengan pelibatan semua angkatan untuk pertama kalinya.

Hal tersebut disampaikan oleh Andi M Budihard yang didaulat oleh alumni Smansa Kendari sebagai Ketua Panitia Mubes I yang rencananya akan berlangsung pada Februari 2021. Bertempat di Kedai Bolmar pada Rabu sore, 13/1/2021 didampingi oleh panitia dan Steering Comite (SC), Budi sapaan akrab Andi M Budihard menggelar jumpa pers dengan sejumlah media terkait rencana penyelenggaraan Mubes tersebut.

Budi mengatakan bahwa tujuan utama penyelenggaraan Mubes adalah sebagai sarana menjalin ukhuwah antar sesama Alumni Smansa Kendari yang telah berjumlah 40 an angkatan. Selain itu, dalam Mubes yang akan berlangsung nanti juga akan dimusyawarahkan siapa yang akan memimpin Smansa Kendari sebagai Ketua Ikatan Alumni.

Baca Juga :  Peduli Sesama, LMND Baubau Gelar Aksi Galang Dana untuk Korban Bencana Alam Di Sulbar

Budi mengatakan bahwa selama ini telah ada Ketua IKA yakni Prof Mahmud Hamundu yang ditetapkan pada tahun 2000 an lalu, tetapi penetapan beliau dilakukan secara aklamasi tanpa ada proses Mubes.

“Memang sudah ada ketua IKA sebelumnya yakni Prof Mahmud Hamundu, tetapi penetapan beliau saat itu melalui proses aklamasi, jadi memang mubes belum pernah kami selenggarakan, jadi ini mubes yang pertama”, ucap Budi.

Budi juga menambahkan bahwa selama kepemimpinan Prof Mahmud Hamundu sebagai Ketua IKA Alumni, kegiatan Alumni masih bersifat perangkatan dan ini yang mendasari untuk diselenggarakannya Mubes yang pertama yakni untuk menyatukan semua angkatan.

Panitia Mubes I Smansa Kendari Saat Jumpa Pers di Kedai Bolmar

Senada dengan Budi, Sulaeman Nur Alam selaku SC mubes mengatakan bahwa mekanisme pemilihan ketua nantinya tentu mengedepankan semangat kekeluargaan dengan jalan musyawarah. Dan suara pemilih terdiri dari 1 suara mewakili 1 angkatan.

Baca Juga :  OPM Untuk masyarakat Sulbar

“Saat ini telah ada beberapa tokoh yang menyatakan kesiapannya sebagai Ketua Alumni Smansa Kendari semisal Lukman Abunawas, Pahri Yamsul dan ada juga tokoh – tokoh muda. Tentu syarat utama untuk calon Ketua Alumni Smansa adalah Alumni Smansa Kendari di buktikan dengan fotocopy ijazah”, ucap Sulaeman Nur Alam.

“Syarat untuk menjadi calon Ketua Alumni, disamping tercatat sebagai Alumni, yang bersangkutan juga harus berdomisili di Sulawesi Tenggara”, tambahnya.

Menutup jumpa pers, Sulaeman Nur Alam mengatakan bahwa sehubungan Pandemi Covid – 19 belum berakhir, maka acara mubes tetap akan berlangsung dengan protokol kesehatan.

Reporter : Aco RI

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :