136 Petugas Pantarlih Pilkada 2024 di Kelurahan RBS Jakarta Utara Dilantik

Faktual.Net, Jakarta Utara, DKI Jakarta-Sebanyak 136 petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubenur Provensi DKI Jakarta 2024 di wilayah Kelurahan Rawa Badak Selatan (RBS), Koja, Jakarta Utara dilantik oleh Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, di RPTRA Rasela, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Senin (24/06/2024).

Ketua PPS Kelurahan Rawa Badak Selatan, Fransiskus Xaverius Pati mengucapkan selamat dan sukses kepada 136 petugas Pantarlih yang telah sukses dilantik pada hari ini.

Diharapkan mereka dapat melaksanakan tugas mereka dengan sebaik-baiknya sampai batas waktu yang telah ditentukan sampai tanggal 25 Juli 2024 mendatang.

“Mulai hari ini, setelah dilantik mereka mulai berkoordinasi dengan pengurus RT dan RW dan hari ini mereka mulai mendapatkan bimbingan teknis (bimtek),”ujarnya.

Ditempat yang sama, Lurah Rawa Badak Selatan, Yuyun Wahyudi, mengucapkan selamat dan sukses atas terpilihnya sebagai Pantarlih Kelurahan Rawa Badak Selatan dari 174 pelamar, terpilih sebanyak 136 orang.
Pantarlih memilik peran sangat penting untuk memastikan data pemilih akurat sesuai dengan yang ada dilapangan.

“Petugas Pantarlih harus dipastikan bekerja dengan baik dan sungguh-sungguh melakukan pemutakhiran data dengan mendatangi pemilih secara langsung,”ujarnya.

Lebih jauh ia mengatakan, permasalahan data pemilih di Jakarta cukup kompleks dan rumit, karena Jakarta sebagai kota besar memungkinkan penduduk untuk berpindah pindah. Terutama warga pengontrak.

Untuk itu, KPU Provinsi, KPU Kota, PPK dan PPS harus memetakan permasalahan permasalahan Daftar Pemilih sejak awal sebagai antisipasi agar permasalahan tidak muncul dan tereskalasi.

“Diharapkan, Pantarlih untuk dapat bekerja secara cermat dan hati-hati, serta dapat bersinergi dan bekerjasama dengan semua pihak dan stakeholder di wilayah, yang memiliki kepentingan terhadap daftar pemilih.

“Dalam bekerja, Pantarlih harus memiliki karakter yang ROMANTIS, yakni profesional, mandiri, transparan, teliti, imparsial (netral) dan solid,”tambahnya.

Tanggapi Berita Ini