Wahdah Islamiyah Sultra Selenggarakan Basic Training Tanggap Bencana Wahdah Peduli

58

Faktual.Net, Kendari. Sultra. Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Wahdah Islamiyah Sulawesi Tenggara (DPW WI Sultra), H. Muhammad Ikhwan Kapai membuka secara resmi kegiatan Basic Training Tanggap Bencana Wahdah Peduli di Gedung Grapari Telkomsel Kendari, pada Sabtu, 6/7/2019.

Pelatihan ini digelar oleh DPW WI Sultra dengan mengusung tema “Tingkatkan Sinergitas dan Kualitas Demi Kerja Tuntas”.

Ustad Ikhwan sapaan akrab H. Muhammad Ikhwan Kapai mengatakan bahwa pelatihan ini telah direncanakan sejak Peristiwa Gempa Palu, Sigi dan Donggala Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu.

Dia mengakui bahwa DPW WI Sultra siap bersama Pemerintah dalam penanggulangan bencana di Indonesia, Sultra secara khusus.

Ustadz Muhammad Ikhwan Kapai

“Sebagai pemateri kami mengundang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari sebagai bentuk kerjasama dalam persiapan tanggap bencana, termasuk Badan SAR Nasional (BASARNAS),” tutur Ustad Ikhwan.

Baca Juga :  Berharap Pasangan AMAN Dan Nasdem Terus Berlanjut

Dia melanjutkan dengan bersyukur atas pelaksanaan kegiatan ini, karena akan membentuk tim Wahdah Peduli (WP) usai pelatihan.

“Inshaa Allah nanti tim yang dibentuk siap siaga diturunkan saat bencana terjadi, bahu membahu bersama Pemerintah,” tambah dia.

Setelah dibuka secara resmi, pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini dimulai dengan materi pertama yakni Sistem Nasional Penanggulangan Bencana, oleh Muhammad Erwin Fajar selaku Kepala Seksi Penyelamatan Evakuasi dan Penanganan Pengungsi BPBD Kota Kendari.

Selain materi tersebut ada juga materi lain tentang Standar Operasional Prosedur Tanggap Darurat oleh Wakil Ketua WP Pusat, Bantuan Hidup Dasar dan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (BHD dan P3K) oleh Tenaga Medis Kota Kendari, Jurnalistik Kebencanaan oleh Kordinator Tim Media WP Pusat, Eksistensi Wahdah Peduli oleh Ketua WP Pusat, Trauma Healing oleh Wakil Ketua WP, dan diakhiri dengan Pelatihan Water Rescue oleh Badan SAR Nasional (BASARNAS) Kota Kendari.

Baca Juga :  Filosofis Kata 'La Donggo' Ala Akademikus Universitas Marcu Buana

Turut hadir dalam pembukaan ini, ketua Departemen Sosial Dewan Pimpinan Pusat Wahdah Islamiyah, Ir. Muhammad Musri, dan Wakil Ketua Wahdah Peduli Pusat Muhammad Syukri Turusi, dan 30 peserta pelatihan yang berasal dari 10 utusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) WI se Sultra.

Red/Muhammad Akbar/Aco RI

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :