Tidore Jadi Tuan Rumah Kejurnas Motorprix Region 6

103

Faktual.Net, Tidore. Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motorprix Region 6 yang terdiri dari 4 wilayah diantaranya Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat bakal dihelat pada tanggal 12 Oktober 2018 dan berahir di tanggal 14 oktober 2018, menariknya perhelatan Kejurnas seri ke-3 kali ini, Tidore menjadi tuan rumah, yang berpusat di Sirkuit Kelurahan Rum Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan.

Menurut Ketua Panitia Kejurnas Abdul Kadir Ali kepada Faktual.Net mengatakan bahwa saat ini peserta yang telah dikonfirmasi untuk berlaga pada ivent tersebut adalah peserta dari Maluku dan Papua Barat, sementara untuk club-club lokal dari Maluku Utara bakal meriahkan kegiatan itu dengan menurunkan pembalap dari luar maluku utara seperti Sulawesi.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan Nasional Ikatan Motor Indonesia (IMI) Maluku Utara, namun kami gandeng dengan Walikota Cup, sehingga untuk panitia lokalnya itu dari Komite Olahrga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tikep,” ujarnya saat ditemui di sekretariat Koni Kota Tikep Kelurahan Tomagoba Kecamatan Tidore Pada Senin, 8/10/2018.

Lebih lanjut, kata lelaki yang juga merupakan Sekertaris Koni Kota Tikep itu bahwa untuk kelas yang diperlombakan pada Kejurnas seri ke-3 ini, diantaranya untuk lomba kejurnas terdiri dari Bebek 150 cc 4 tak injeksi tune up seeded (MP1), 125 cc 4 tak injeksi tune up seeded (MP2), kelas bebek 150 cc 4 tak injeksi tune up pemula A (MP3), kelas bebek 125 cc 4 tak injeksi tune up pemula A (MP4) kelas bebek 150 cc 4 tak injeksi standar pemula B (MP5), kelas bebek 125 cc 4 tak injeksi standar pemula B (MP6).

Baca Juga :  Polres Konsel Gelar Coffee Morning Bersama Wartawan

Dan kelas tambahan (Open) terdiri dari kelas Matic s/d 130 cc, kelas sport s/d 135 cc standard (RX King) Footstep Racing, kelas sport s/d 155 cc tune up Footstep Racing, kelas bebek 2 tak s/d 120 cc, kelas bebek 4 tak s/d 150 cc standar show room, kelas bebek 4 tak 125 cc standar show room, kelas super moto s/d 200 cc, kelas vespa s/d 200 cc, dan kelas bebek 4 tak s/d 150 cc lokal tidore.

“Jadi di kegiatan ini juga atas ide ketua umum KONI Kota Tikep (Adam Dano), kita juga membuka satu kelas khusus untuk lokal tidore hal itu merupakan konsentrasi kami melakukan pembinaan untuk mencari bibit baru pemula peserta dari Tidore,” jelasnya.

Senada dengan Ketua Koni Kota Tikep Adam Dano, ia mengatakan dari kegiatan tersebut nantinya akan dijaring berdasarkan point tertinggi untuk ikut berlaga pada level nasional yang akan berlangsung di jakarta, dimana pada level terebut semua pembalap terbaik perwakilan dari masing-masing region akan dipertemukan di sana. “Agenda ini dibagi perzona, jadi siapa poin tertinggi akan dipertmukan di jakarta,” tuturnya.

Baca Juga :  Disbudpar Bahas Lomba Cipta Logo Sail Tidore

Untuk itu, dengan adanya sirkuit permanen berskala nasional yang merupakan satu-satunya sirkuit di Maluku Utara yang berpusat di Kota Tidore Kepulauan ini, kedepannya KONI Kota Tikep akan berupaya keras untuk melatih peserta dari Tidore sehingga pada ajang Kejuaraan Daerah (Kejurda) maupun Kejurnas, peserta dari Tidore sudah bisa dikirim sampai ke jenjang yang lebih tinggi bahkan ikut berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Dengan adanya sirkuit permanen ini juga, target kami Tidore bisa mewakili maluku utara untuk menuju ke level nasional maupun ikut berlaga di PON, karena saat ini untuk Motorprix itu Tidore sudah meraih 16 medali, sehingga kedepan perlu untuk ditingkatkan lagi, jadi kedepan juga dalam rangka melakukan pembinaan kami akan menggelar ivent seperti ini satu tahun sekali,” tambahnya.

Penulis : Suratmin Idrus

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :