Daerah  

Tidore Jadi Pusat Kesepakatan Jalur Maghelan City

Faktual.Net, Tidore. Dalam rangka menyambut Sail Tidore pada tahun 2021 mendatang, rencanya di bulan juli 2019 ini akan dilakukan pertemuan ke 10 Global Network of Magellan Cities (GNMC) untuk membahas terkait dengan jalur-jalur yang akan disinggahi pada saat momentum Sail Tidore dilangsungkan.

“Sebenarnya kesepakatan dalam menentukan jalur Maghelan City ini dilakukan di Sevilla, Spanyol. Namun karena atas penghargaan terhadap Tidore, Raja Sevilla sendiri meminta bahwa mengenai jalur tersebut nanti di sepakati di Tidore, jadi Tidore ini menjadi pusat penandtanganan kesepakatan jalur Maghelan City,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Tikep Yakub Husain saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.

Yakub merasa bangga dengan hasil keputusan pada pertemuan GNMC ke 9 di sevilla yang menetapkan Tidore sebagai pusat kesepakatan Jalur Maghelan City, Hanya saja, sebelum dilakukan pertemuan di Tidore, Kata Yakub terlebih dahulu para Anggota dari berbagai Negara yang tergabung dalam GNMC itu akan bermalam di Jakarta untuk melakukan seminar, Setelah itu baru menuju Ke Tidore untuk melakukan pertemuan Ke 10.

Baca Juga :  WWF Bali, Indonesia Perkenalkan Program Pamsimas Wujud Nyata Pemberdayaan Masyarakat

“Agenda ini akan menjadi warisan Dunia di Unesco, jadi kami berencana untuk metingnya itu dilakukan di Kantor Walikota Kota Tikep, yang pasti saat ini kami sedang melakukan kesiapan, Sementara Ketua Timnya adalah Pak Sekda (Asrul Sani Soleman),” tambahnya.

Selain itu, Kata Yakub kegiatan ini juga didukung oleh sejumlah kementrian Republik Indonesia diantaranya Kementrian Maritim dan kementrian Luar negeri, hal itu terbukti pada saat walikota mengusulkan Tidore sebagai pusat kesepakatan jalur Maghelan city, dua kementrian itu dengan tegas ikut mendukung pada pertemuan sebelumnya di Sevilla.

Baca Juga :  Dana PIP Sudah Cair, Dikbud Malut Ingatkan Siswa/Siswi untuk Keperluan Sekolah

Reporter : Aswan Samsudin

Tanggapi Berita Ini