Target Partisipasi Pemilih 79 %, KPU Kendari Maksimalkan Kinerja Relasi

Faktual.Net, Kendari, Sultra. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari menargetkan angka partisipasi pemilih pada Pemilu 17 April 2019 mencapai 79 %. Target ini lebih tinggi dari target KPU secara nasional yakni 77,5 %.

Kepada faktual.net, Jumwal Shaleh selaku Ketua KPU Kota Kendari mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan KPU Kota Kendari bisa capaiannya melebihi angka 80 % lebih kalau Pilwali Kota Kendari yang jadi acuannya.

“Target kami untuk Kota Kendari, angka partisipasi bisa capai 79 % bahkan bisa saja lebih dari 80 %”, ungkap Alex sapaan akrab Jumwal Shaleh saat dijumpai pada Sabtu Sore, 9/3/2019 di gudang logistik KPU Kendari.

Alex mengatakan bahwa optimisme dari KPU Kendari bukan tanpa alasan, sebab Relawan Demokrasi (Relasi) bentukan KPU secara nasional, terkhusus Relasi Kota Kendari saat ini intens melakukan sosialisasi dibasis masing-masing sesuai segmennya.

“Saat ini Relasi KPU Kendari sedang giat-giatnya melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak golput pada 17 April 2019. Relasi ini berada di sepuluh segmen masyarakat, mulai dari kelompok perempuan, kelompok milenial, kelompok religi dan lainnya”, terang Alex.

Sosialisasi Relasi Saat Acara Arisan

“Dan yang penting juga untuk kita pahami bahwa tugas meningkatkan partisipasi pemilih ini bukan hanya KPU yang melakukannya, tetapi partai politik melalui caleg-calegnya juga secara tidak langsung melakukannya, sebab mereka juga kan pasti meyakinkan calon-calon pemilih untuk datang ke TPS memilih mereka”, jelas Alex.

Walaupun banyak pihak yang mengatakan bahwa kinerja Relasi ini tidak tampak bahkan ada yang mengatakan bahwa Relasi tidak bekerja, tetapi Alex percaya dengan relawan bentukan KPU ini, Alex percaya bahwa Relasi telah maksimal bekerja.

“Relasi ini telah maksimal bekerja, saya sendirinya yang memantaunya melalui laporan berkala dan dokumentasi dari sosialisasi yang mereka telah lakukan sesuai segmennya”, tambah Alex.

Selain mengandalkan kinerja Relasi, KPU Kendari saat ini juga sedang menggagas kerjasama dengan pemerintah Kota Kendari untuk mendapatkan dukungan agar bisa melakukan sosialisasi sampai ketingkat RT dan RW.

“Yang pasti kami akan memaksimalkan langkah guna mencapai angka partisipasi pemilih yang juga maksimal”, tutup Jurnalis senior Kota Kendari ini.

Reporter : Aco Rahman Ismail

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :

Mungkin Anda Menyukai